Wawako : Pacu Rakik Bisa Dijadikan Agenda Tahunan

id Pacu Rakik

Solok, (Antara Sumbar) - Wakil Wali Kota Solok Sumatera Barat (Sumbar) Reiner mengatakan kegiatan Pacu Rakik yang digelar oleh pemuda Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Tanjung Jaya bisa dijadikan agenda tahunan.

"Saya menyambut positif kegiatan yang dilaksanakan ini, ke depannya diharapkan bisa menjadi agenda tahunan untuk menarik wisatawan dari berbagai daerah," katanya di Solok, Sabtu.

Ia menambahkan ke depannya akan dilakukan pembenahan terhadap aliran Batang Lembang guna mendatangkan manfaat bagi semua pihak.

"Batang Lembang ini memiliki potensi wisata air, kita bisa dorong ke arah sana, tentu dengan pembenahan terlebih dahulu," ucapnya.

Senada, Ketua Pemuda setempat, Afrizal juga mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi salah satu ikon wisata bagi Kota Solok ke depannya.

"Kita mengharapkan kegiatan ini bisa dilestarikan dan menjadi agenda tahunan guna menarik wisatawan untuk datang berkunjung," ucapnya.

Ia menambahkan kegiatan kali ini terbilang meriah, selain karena antusiasme masyarakat acara ini juga dimeriahkan dengan Wawako, Dandim dan Wakapolres Solok yang juga ikut berpartisipasi.

Sementara itu Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Koto Panjang Sofiar Syam mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71.

Menurut dia, kegiatan ini diharapkan bisa kembali membangkitkan jiwa sosial dan semangat gotong royong masyarakat yang lama kelamaan mulai berkurang.

"Dalam rangka memeriahkan HUT RI kita mencoba untuk menghadirkan hiburan khas tradisional bagi masyarakat di samping banyaknya permainan modern" katanya. (*)