Senin, 25 September 2017 - 5 Muharram 1439 H

Gubernur : Mendidik Anak Bukan Cuma Urusan Ibu

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengingatkan para orang tua dalam mendidik anak bukan hanya tanggung jawab ibu semata melainkan butuh kerja sama dan sinergi antara ayah dan ibu.

"Para ayah wajib peduli kepada anak, kalau ada yang berpandangan urusan anak tanggung jawab ibu saja maka pola pikir seperti itu salah dan perlu diluruskan," kata dia di Padang, Sabtu.

Ia menyampaikan hal itu pada Seminar Parenting dengan tema 'Pola Pengasuhan Positif Dalam Membantu Karakter Anak' diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Perguruan Islam Nibras.

Ia menambahkan saat ini ada orang tua yang tidak peduli terhadap anak sehingga untuk pengasuhan diserahkan kepada orang lain seperti saudara hingga pembantu.

Ini berdampak karena tidak terbangun hubungan emosional yang baik antara orang tua dan anak sementara mereka adalah investasi terbesar, ujarnya.

Ia menceritakan pengalamannya memiliki 10 anak walaupun sibuk menjalani aktivitas menjadi anggota DPR RI hingga terpilih sebagai Gubernur Sumbar dua periode tetap mengupayakan untuk memantau aktivitas putra putrinya.

"Anak saya 10 orang, tapi saya tahu apa yang dikerjakan kemarin, hari ini dan besok," lanjutnya.

Bahkan, terang dia tidak jarang anaknya minta diisikan pulsa, sementara saat itu sedang banyak kegiatan kalau sempat saya isikan sendiri, jika tidak akan minta tolong kepada staf.

Ia mengingatkan sesibuk apa pun orang tua tetap harus peduli kepada anak jika tidak akan menyesal di hari tua.

Ada mantan pejabat yang menasihati saya agar peduli kepada anak, pejabat itu merasakan saat ini sulit membangun hubungan emosional dengan anak saat ini karena dulu sibuk sekali sehingga luput memperhatikan anak, kata dia.

Menurutnya mendidik anak itu harus dilakukan sejak dini dan memegang penuh kendali soal pendidikannya karena anak adalah sumber kebahagiaan di hari tua.

Sementara Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemendikbud, Sukiman mengemukakan peran keluarga penting dalam membangun kesuksesan anak di masa depan.

Ada banyak penelitian yang menyatakan hubungan positif yang terjalin antara orang tua dengan keluarga akan memberi dampak baik kepada anak, ujarnya. (*)

Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga