Lapas Pariaman Gelar Lomba Meriahkan HUT-RI

id Perayaan, HUT RI, lapas, Pariaman

Pariaman, (Antara Sumbar) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kota Pariaman, Sumatera Barat, menggelar sejumlah perlombaan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia.

Kepala Lapas setempat, Supari di Pariaman, Rabu, mengatakan perlombaan yang diadakan diantaranya panjat pohon pinang, lomba sandal panjang yang terbuat dari kayu, dan hiburan orgen tunggal.

"Perlombaan tersebut memang sengaja kami susun khusus bagi para warga binaan yang ada di dalam, sehingga mereka juga merasakan makna kemerdekaan bangsa," tambah dia.

Ia menilai kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan salah satu bentuk nyata hak yang diberikan kepada narapidana dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

"Mereka juga bagian dari masyarakat, hanya saja saat ini mereka sedang menjalani masa tahanan akibat pelanggaran atau tindak pidana yang dilakukannya," jelasnya.

Ia menyebutkan selain mengadakan kegiatan perlombaan tersebut, pihak Lapas juga memberikan sejumlah penanaman nilai-nilai dan sikap mental sehingga setelah menjalani masa tahanan para warga binaan dapat diterima oleh masyarakat.

Selain itu setiap Sabtu seluruh warga binaan di kota itu juga mendapatkan pelatihan mental dan nilai-nilai budi pekerti, seperti penyuluhan kesadaran hukum, dan termasuk pemberian siraman rohani.

Terkait pengurangan masa tahanan HUT ke-71 RI, Lapas setempat menyerahkan 148 remisi kepada warga binaan setempat.

"Ke 145 warga binaan ini merupakan remisi umum FU1 atau setelah mendapatkan remisi tetap menjalani sisa masa kurungan dan tiga warga binaan memperoleh RU2 artinya langsung bebas pada 17 Agustus," kata dia.

Pada awalnya pihak lapas setempat mengajukan sebanyak 183 nama narapidana ke Kanwil Kemenkumham Sumbar untuk mendapatkan remisi dalam rangka HUT ke-71 Kemerdekaan RI. (*)