Ribuan Paket Sembako Didistribusikan Dalam Pasar Murah BUMN

id bumn#nusantara

Ribuan Paket Sembako Didistribusikan Dalam Pasar Murah BUMN

Direktur Utama PT Pegadaian Persero Riswinandi menyerahkan paket murah. (cc)

Padang, (Antara) - Sebanyak 1.500 paket sembako didistribusikan dalam pasar murah yang digelar secara serentak di tujuh lokasi di Sumatera Barat pada hari Minggu, 14 Agustus 2016. Ketujuh lokasi tersebut adalah Padang, Solok Selatan, Payakumbuh, Simpang Empat Pasaman, Lubuk Sikaping, Batusangkar, dan Pariaman.

Pasar murah ini dipersembahkan oleh Pegadaian, Semen Padang, Pelni, dan Hotel Indonesia Natour (HIN) sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri yang diselenggarakan dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Sumatera Barat.

Di Kota Padang sendiri, pasar murah diselanggarakan di Bungus Teluk Kabung Padang. Sejak dibuka pada pukul 9.30 pagi, pasar murah telah terlihat ramai dipadati masyarakat. Terlihat hadir di acara pembukaan pasar murah Budi Gunadi Sadikin Staf Khusus Menteri BUMN, Riswinandi Direktur Utama PT Pegadaian Persero beserta pejabat dari Semen Padang, Pelni, dan HIN.

Sementara sebagai tuan rumah tampak hadir Camat Bungus Teluk Kabung, Kapolsek, Ketua Kerapatan Adat Nagari, Lurah, serta ninik mamak di Bungus Teluk Kabung Padang.

Di pasar murah ini masyarakat dapat memperoleh paket sembako senilai Rp. 150 ribu dengan harga Rp. 25 ribu rupiah. Setiap paket sembako berisi 10 kg beras, 2 kg gula pasir, dan 2 liter minyak goreng. Dan hasil penjualan dari paket sembako ini nanti akan disumbangkan pada enam rumah ibadah yang berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung ini, terang Udin Salahudin, Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian (Persero) yang menjadi ketua panitia pelaksana BUMN Hadir Untuk Negeri di Sumatera Barat ini.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Riswinandi selaku PIC BUMN di Provinsi Sumatera Barat, dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri, BUMN ingin secara langsung dapat bersentuhan dengan masyarakat.

Disamping menyelenggarakan pasar murah, program BUMN Hadir Untuk Negeri di Sumatera Barat, juga meliputi kegiatan penyediaan sarana air bersih, sarana MCK, tempat penitipan anak, dan elektrikfikasi rumah warga. Selain itu juga melakukan pembinaan terhadap beberapa desa tertinggal, mantan atlet nasional, dan mantan narapidana.

Menyelenggarakan pertukaran pelajar bertajuk Siswa Mengenal Nusantara. Dan pada hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 71 ini, kita juga memberikan apresiasi kepada para veteran dengan memberikan bantuan bedah rumah veteran, terang Riswinandi.

Sedangkan melalui penyelenggaraan pasar murah ini, Riswinandi menjelaskan, BUMN berharap agar dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Sehingga untuk menjamin agar kegiatan ini tepat sasaran, panitia melibatkan instansi pemerintah dalam memilih masyarakat yang berhak membeli paket tersebut dengan harga yang sangat terjangkau.

Menurut Nurhayati, salah seorang penerima bantuan paket sembako di pasar murah ini, menyatakan masyarakat Bungus Teluk Kabung yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan merasa sangat terbantu dengan adanya pasar murah ini.

Hal ini dibenarkan oleh Zulkadri Camat Bungus Teluk Kabung, yang hadir mewakili Walikota Padang, menyampaikan bahwa saat ini sekitar 39% masyarakat Bungus Teluk Kabung masih berada di bawah garis kemiskinan.

Sehingga ke depan, sejalan dengan program pembangunan yang dijalankan pemerintah Kota Padang di Bungus Teluk Kabung, diharapkan peran serta yang lebih dari BUMN untuk dapat bersama-sama membangun Bungus Teluk Kabung menjadi lebih baik. Terutama dalam aspek pariwisata dan pendidikan, ulas Zulkadri. (*)