Rabu, 24 Mei 2017 - 28 Sya'ban 1438 H

Camat Lengayang Upayakan Bantuan Korban Kebakaran

Painan, (Antara Sumbar) - Camat Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Alfis Basyir akan mengupayakan bantuan bagi korban kebakaran rumah di Kampung Sumbaru, Nagari Kambang (desa adat) pada Jumat (12/8).

"Bantuan bagi Yusni (56) akan kami upayakan melalui dana bantuan badan amil zakat kabupaten," katanya di Painan, Sabtu.

Ia mengatakan akibat kebakaran yang terjadi pada Jumat (12/8) pukul 11.00 WIB itu, rumah Yusni tidak bisa lagi ditempati.

Api dengan cepat membakar rumah yang terbuat dari kayu tersebut dan hanya menyisakan tiang, sementara dinding, lantai, dan atap rumah habis dilalap Si Jago Merah.

"Butuh waktu bagi warga setempat sekitar satu setengah jam untuk memadamkan api dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu," kata dia.

Ia menyebutkan untuk sementara menjelang adanya bantuan, korban harus menginap di rumah tetangga atau keluarganya yang terdekat.

Pada kesempatan terpisah, warga setempat, Aprianto (30), mengapresiasi langkah tanggap Camat Alfis, karena sulitnya upaya pemadaman api.

Ia berharap, ke depan setiap nagari dibekali alat pemadam api.

"Camat Lengayang kami apresiasi namun kami ada tugas tambahan untuk pemkab yaitu dengan menyediakan alat pemadam api di setiap nagari sehingga apabila terjadi kebakaran rumah warga di lokasi bisa langsung menggunakannya," kata dia.

Dengan begitu, katanya, tentu kerugian akibat kebakaran bisa diminimalkan.

"Dengan catatan warga di setiap nagari juga dibekali pelatihan pemadam kebakaran," kata ayah satu anak itu. (*)

Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Miko Elfisha
    Pagi itu seharusnya Suril Dirman (59) bahagia karena bawang merah yang telah dipeliharanya dengan teliti selama dua ...
Baca Juga