Garuda Berikan Kompensasi Keterlambatan Penumpang

id Garuda

Garuda Berikan Kompensasi Keterlambatan Penumpang

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia. (Antara)

Tangerang, (Antara Sumbar) - Maskapai Garuda Indonesia memberikan kompensasi atau kemudahan bagi penumpangnya yang terlambat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Layanan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Nicodemus P lampe dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, mengatakan kompensasi tersebut berlaku hingga 31 Agustus 2016.

"Jadi, apabila penumpang itu terlambat karena memang operasional di Terminal 3 ini belum betul-betul 'smooth', (lancar) maka bisa mengikuti penerbangan berikutnya," katanya.

Nicodemus menekankan kompensasi tersebut apabila kesalahan ada pada penumpang dan tidak akan diberikan penalti sama sekali.

Namun, lanjut dia, apabila kesalahan tersebut ada pada maskapai, pada kompensasi diberikan sesuai dengan undang-undang, yakni Peraturan Menteri Nomor 89 Tahun 2015 Penanganan Keterlambatan (Delay management) Pada Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal.

Dia mengatakan operasional penerbangan domestik Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta menunjukkan perbaikan yang positif, terlihat dr tingkat ketepatan waktu penerbangan (On Time Performance/OTP) keseluruhan penerbangan yang sempat mencapai angka 90 persen walau hanya sampai pada siang hari.

"Di hari keempat pengopeasian Terminal 3, ada cukup kemajuan operasional yang mengarah pada penerbangan normal, OTP sudah mencapai 90 persen," katanya.

Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S Butarbutar menambahkan pihaknya melakukan koordinasi intensif, melibatkan tidak saja dengan AP II dan Gapura, tetapi juga aparat keamanan dari marinir setempat.

Kami terus memperbaiki keadaan. Rapat evaluasi setiap malam merupakan upaya kami dalam memperbaiki situasi yang ada agar tetap bisa memberikan pelayanan dan kenyamanan terbaik kepada penumpang. Sekali lagi kami mohon maaf dan berterima kasih atas pengertian yang diberikan para penumpang," kata Benny.

Setiap harinya, Garuda Indonesia melayani rata-rata 130 penerbangan domestik melalui Terminal 3, dari total rata-rata 187 penerbangan domestik maupun internasional di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. (*)