Singapura Ajak Polda Kepri Tingkatkan Pengamanan Kawasan

id peningkatan, pengamanan, kepri

Batam, (Antara Sumbar) - Kapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Sam Budigusdian mengatakan empat perwakilan Internal Security Department Singapura berkunjung dan mengajak peningkatan kerja sama pengawasan kawasan dari berbagai kejahatan termasuk ancaman terorisme.

"Mereka mengucapkan terima kasih secara langsung atas penangkapan terduga teroris yang merencanakan aksi untuk Singapura. Sekaligus mengajak meningkatkan kerja sama pengamanan kawasan mengingat antara Kepri dan Singapura sangat dekat," kata Sam di Batam, Senin.

Empat perwakilan Internal Security Department Singapura tersebut adalah Brigjen Raymond, Kolonel Tang, Kolonel Rahim dan Kolonel Baljet Sing.

"Peningkatan pengamanan kawasan tentu harus ditingkatkan. Sehinga baik Batam atau Kepri dengan Singapura sama-sama aman. Mengingat Batam merupakan salah satu tujuan wisatawan dan investor asal Singapura," kata dia.

Kepada perwakilan tersebut, Kapolda juga menyampaikan bahwa kondisi Batam aman sehingga warga Singapura tidak perlu khawatir untuk datang.

"Kami tidak ingin hal ini merusak ekonomi Kepri khususnya Batam. Kami sampaikan bahwa Batam aman untuk dikunjungi siapapun termasuk warga Singapura," kata Sam.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti mengatakan, Kepri khususnya Batam menjadi wilayah dengan kunjungan wisatawan Singapura terbesar di Indonesia.

"Setiap tahun sekitar 60 persen wisatawan di Kepri asal Singapura. Adanya beberapa isu akhir-akhir ini memang menurunkan jumlah kunjungan khususnya ke Batam," kata dia.

Dengan penangkapan yang dilakukan Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri baru-baru ini patut diapresiasi sehingga kunjungan wisatawan akan kembali naik.

Batam merupakan rumah kedua bagi sebagian warga Singapura. Demikian juga warga Batam yang menganggap Singapura rumah kedua.

"Keamanan menjadi pertimbangan utama wisatawan untuk datang. Jadi setelah ini diharapkan kunjungan akan meningkat lagi," kata dia. (*)