Menpar: "TdS" Beri Manfaat Bagi Ekonomi Sumbar

id Arief Yahya

Menpar: "TdS" Beri Manfaat Bagi Ekonomi Sumbar

Menpar Arief Yahya. (Antara)

Padang, (Antara) - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan pelaksanaan "Tour de Singkarak" (TdS) 2016 memberikan manfaat bagi ekonomi masyarakat, karena kegiatan tersebut masuk kategori olahraga yang menggabungkan unsur pariwisata.

"TdS itu masuk kategori olahraga pariwisata sehingga bisa meningkatkan kunjungan turis ke Sumbar," kata dia di Padang, Jumat.

Ia menyampaikan hal itu dalam jumpa pers persiapan TdS 2016 diikuti panitia pelaksana dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit.

Menurut dia pelaksanaan TdS itu memiliki dampak secara tidak langsung bagi perekonomian masyarakat.

Ia memberi contoh jika ajang perlombaan balap motor grand prix diadakan di Indonesia maka dampak langsungnya sekitar Rp1 triliun, namun manfaat yang didapat media bisa mencapai Rp2 triliun.

Akan tetapi berdasarkan survei jika diselenggarakan even seperti itu maka 60 persen pengunjung dan peserta akan kembali ke lokasi tempat dilaksanakan acara, kata dia.

Jadi yang paling konkret adalah manfaat bagi media seperti sponsor hingga media massa, tuturnya.

Selain itu pelaksanaan TdS akan mendorong perbaikan infrastruktur terutama jalan sehingga kondisinya menjadi lebih bagus dibandingkan sebelum kegiatan.

"Artinya kalau jalan bagus juga berdampak bagi ekonomi masyarakat," lanjutnya.

Sebelumnya Rest Controller Tour de Singkarak 2016 Datuk Zulhami Saan mengatakan jumlah etape balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) tahun 2016 yang digelar pada 6 sampai 14 Agustus berkurang dari sebelumnya sembilan etape, kini cuma delapan.

"Tahun ini diusulkan sebanyak sembilan etape, namun setelah dilakukan survei hanya delapan etape yang layak digunakan untuk even tersebut," ucapnya.

Ia mengatakan pada tahun ini TdS diikuti oleh 25 tim yang terbagi atas 19 tim dari luar negeri dan enam tim dari tim lokal.

Untuk pembukaan akan dimulai pada 6 Agustus 2016 di Kabupaten Solok menuju Kota Payakumbuh, etape kedua di Limapuluh kota hingga Tanah Datar. Etape ketiga mulai dari Pasaman hingga Pasaman Barat.

Untuk etape keempat dimulai di Padang Panjang menuju Kabupaten Agam. Etape kelima dimulai dari Pesisir Selatan hingga Kota Pariaman, etape keenam dimulai dari Padangpariaman hingga Sawahlunto.

Kemudia, etape ketujuh dimulai dari Sijunjung menuju Dharmasraya dan pada 13 Agustus 2016 merupakan hari istirahat bertanding.

"Etape delapan merupakan etape terakhir pada Minggu 14 Agustus dimulai dari Bukittinggi menuju Kota Padang," tambahnya. (*)