Praktisi : Inovasi Kunci Persaingan Bisnis Era Digital

id inovasi, bisnis, era, digital

Padang, (Antara Sumbar) - Praktisi bisnis yang juga menjabat Komisaris Garuda Indonesia Donny Oskaria mengemukakan kunci memenangkan persaingan bisnis pada era digital adalah terus melakukan inovasi.

"Karena begitu mudahnya orang berbisnis saat ini jumlah barang di pasar meningkat drastis sehingga ada banyak pilihan bagi konsumen, pemenangnya adalah pelaku usaha yang paling kreatif dan inovatif," kata dia di Padang, Selasa.

Ia menyampaikan hal itu pada peluncuran sekolah bisnis Minangkabau dan pusat kewirausahaan yang bernama Minangkabau Business School and Entrepreneurship Center (MBS-EC), bertujuan memperkuat kapasitas pelaku usaha, melakukan inovasi dan kewirausahaan.

Menurut dia semakin pelaku usaha kreatif dan mengenal target pasar maka akan dapat memenangkan persaingan.

Ia memberi contoh dulu toko kerudung hanya sekitar 20, sekarang karena orang dapat berdagang melalui internet, penjual kerudung bisa mencapai 1.000 orang menyebabkan produk lebih variatif dan kompetitif.

"Oleh sebab itu pelaku usaha harus mampu berinovasi dan bersaing untuk memenangkan pasar," katanya.

Selain itu akibat banyaknya produk yang beredar di pasar kecenderungan terhadap tren suatu barang menjadi lebih pendek.

Dulu suatu barang bisa bertahan hingga enam bulan, sekarang dua bulan sudah berganti model terbaru, ujarnya.

Sementara Ketua Minangkabau Business School and Entrepreneurship Center (MBS-EC), Helmi mengatakan di Minang ada budaya berwirausaha namun sudah mulai luntur sehingga perlu dibangkitkan kembali.

Kualitas sumber daya manusia Minang perlu ditingkatkan dan perlu didorong melakukan inovasi dalam mengembangkan usaha, katanya.

Helmi menjelaskan MBS-EC bertujuan melahirkan wirausaha muda yang mampu memanfaatkan potensi bisnis Sumbar secara kreatif. (*)