Pembukaan TdS 2016 Dimeriahkan Grup Band Nidji

id TdS

Pembukaan TdS 2016 Dimeriahkan Grup Band Nidji

Ilustrasi, TdS. (Antara)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pembukaan lomba (grand opening) balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) ke-8 pada 5 Agustus 2016 di Dermaga Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, akan dimeriahkan oleh grup Band asal ibu kota Nidji.

Bupati Solok Gusmal didampingi Wakil Bupati Yulfadri Nurdin, dan Kepala Dinas Pariwisata M Alfajri di Arosuka, Senin, mengatakan grup band yang ditukangi oleh vokalis Giring itu, akan menjadi penyaji utama puncak acara malam pembukaan TdS, selain penampilan kesenian daerah dan pesta kembang api yang dimulai pukul 19.30 Wib.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk datang beramai-ramai menyaksikan acara grand openingTdS 2016 ini," kata dia kepada pers di Ruang Pelangi Kantor Bupati Arosuka.

Ia menyebutkan kegiatan pada 6 Agustus 2016 adalah grand star atau star perdana etape pertama TdS dari Dermaga Singkarak Kabupaten Solok dan 'finish' di Kota Payakumbuah.

Selain acara pembukaan, Kabupaten Solok juga akan dilalui para pebalap pada 11 Agustus 2016, dengan star dari Kota Pariaman dan 'finish' di Kota Sawahlunto.

Rute yang dilalui adalah ibu kota Arosuka terus ke Talang dan Cupak di Kecamatan Gunung Talang hingga ke Koto Baru Kecamatan Kubung.

Untuk suksesnya acara ini, ia meminta pers berperan aktif menyosialisasikan TdS ke masyarakat melalui media masing-masing.

"Peran media dalam menyosialisasikan TdS sangat diharapkan, agar TdS dapat diketahui secara luas oleh masyarakat," kata Gusmal.

Kepada masyarakat yang memiliki ternak seperti sapi, kerbau agar memelihara ternak-ternak mereka dengan baik, mengandangkan ternak selama penyelenggaraan TdS agar tidak berkeliaran hingga ke jalan raya.

"Jika ternak warga berkeliaran di jalur yang dilalui pebalap akan mengganggu para pebalap bahkan kecelakaan saat melintas," ucap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata setempat, M Alfajri menyebutkan pihaknya akan membuka sambungan untuk pengaduan masyarakat, terkait pelaksanaan TdS di wilayah itu.

"Masyarakat yang ingin memberi masukan atau saran berkaitan dengan pelaksanaan TdS bisa menghubungi nomor telepon 081374627284 " katanya. (*)