Listrik Aman Investor Berdatangan

id pln#sumbar#listrik

Listrik Aman Investor Berdatangan

()



Padang (Antara) - Sistem kelistrikan di Sumatera Barat dalam beberapa tahun terakhir terbilang aman dan lancar, karena pasokan listrik yang disuplai dari beberapa pembangkit seperti PLTU Teluk Sirih, PLTA Danau Singkarak, PLTU Ombilin, dapat memenuhi kebutuhan listrik khususnya saat beban puncak.

Listrik yang andal secara tidak langsung akan berimbas positif pada industri ekonomi, bisnis dan kreatif di suatu wilayah. Terbukti, dengan listrik yang andal geliat investasi mulai bergulir di Sumbar.

Listrik di Sumbar akan semakin lancar bila PLN berhasil membangun beberapa pembangkit dan transmisi sesuai dengan target yang telah ditetapkan pemerintah. Demi memenuhi target rasio elektrifikasi sebesar 99,9 persen pada tahun 2019, PLN bekerja keras membangun pembangkit dan transmisi yang tersebar di seluruh penjuru negeri, tidak terkecuali Sumbar. Pembangunan pembangkit baik dari energi batu bara hingga energi terbarukan terus digalakkan. Selain itu, transmission line juga rencananya akan terpasang mulai dari daerah Bangko hingga Lima Puluh Kota.

General Manager PLN Wilayah Sumatera Barat (WSB), Supriyadi menuturkan bahwa pembangunan pembangkit dan transmisi nantinya dapat menjangkau daerah pelosok sehingga rasio elektrifikasi akan meningkat tajam. Bila hal demikian terwujud, maka investor tidak perlu berpikir ulang untuk menanamkan investasinya disini.

Namun proses pembangunan Pembangkit dan Transmisi di Sumbar masih memiliki beberapa kendala, salah satu yang paling besar adalah masalah pembebasan lahan. "Pembebasan lahan menjadi problem klasik yang masih sulit diselesaikan. Kendala ini tentu menjadi hambatan bagi kami untuk membangun pembangkit dan transmisi di Wilayah Sumbar," tegas Supriyadi beberapa waktu lalu.

Untuk itu, PLN sangat mengharapkan peran serta dan dukungan dari seluruh pihak terkait, mulai dari PEMDA, pemuka masyarakat, tokoh adat, hingga masyarakat sendiri untuk mengatasi permasalahan lahan ini. PLN juga berharap masyarakat segera sadar bahwa lahan yang mereka jual nantinya akan sangat bermanfaat bagi anak cucu mereka karena digunakan untuk melistriki seluruh nagari di Ranah Minang ko.

Dengan peran serta dan dukungan masyarakat insyaallah percepatan pembangunan kelistrikan dapat terealisasi dan jumlah investor yang datang ke Sumbar untuk menanamkan modalnya semakin meningkat. (*)