Wako : Sawahlunto Berupaya Bangun Nasionalisme Generasi Muda

id Sawahlunto

Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Wali Kota (Wako) Sawahlunto, Sumatera Barat, Ali Yusuf mengatakan pihaknya berupaya membangun karakter nasiolisme dan semangat cinta daerah bagi para generasi muda kota itu.

"Salah satunya dengan membuka peluang seluas-luasnya bagi generasi muda untuk menyalurkan bakat positif yang mereka miliki, sebagai langkah awal untuk menanamkan semangat juang yang tinggi dalam meraih prestasi," ujar dia, saat membuka secara resmi tahapan grand final pemilihan duta wisata cilik Kota Sawahlunto 2016, Sabtu.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat itu, merupakan bentuk regenerasi calon-calon pemimpin masa depan yang dilakukan sejak usia dini.

Sehingga, untuk beberapa tahun kedepan kota itu mampu menghadirkan sumber daya yang memiliki kualitas keimanan dan keilmuan yang mumpuni dalam melanjutkan pembangunan negara Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi semua pihak yang telah turut serta menyukseskan kegiatan ini dan akan mendukung sepenuhnya segala upaya peningkatan kualitas kegiatan pada pelaksaan di tahun-tahun berikutnya," tambah dia.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana kegiatan tersebut, Khusriandi mengatakan sejak Jumat(29/7) pihaknya sudah melakukan pembinaan serta penilaian terhadap minat dan bakat 76 peserta Pemilihan Duta Wisata Cilik 2016.

"Hari ini seluruhnya akan menjalani penyeleksian tahap akhir sebelum pengumuman pemenang sesuai kategori yang ada," sebutnya.

Dia menjelaskan, untuk pendanaan kegiatan tersebut selain memanfaatkan pos anggaran kegiatan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sawahlunto tahun anggaran 2016, pihaknya juga merangkul beberapa sponsor serta melibatkan unsur Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga(PKK) setempat, Ikatan Uda Uni Sawahlunto serta Forum Anak Kota Arang selaku pelaksana kegiatan.

"Semoga pada pelaksanaan tahun ini mampu menghasilkan duta wisata cilik yang memiliki karakter cinta tanah air serta mampu menjadi sosok yang mampu lebih mengenalkan potensi kepariwisataan dan seni budaya kota ini dilingkungan dan pergaulannya mereka masing-masing," harapnya.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menggelar Pemilihan Duta Wisata Cilik 2016, 29 hingga 30 Juli 2016.

"Pemilihan kali ini diikuti 76 peserta berusia 10 hingga 13 tahun yang didominasi pelajar utusan sekolah dasar dari seluruh kecamatan di kota ini," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat, Efri Yanto.