41 Peserta MTQ Nasional Sumbar Lulus Verifikasi

id mtq

Mataram, (Antara) - Sebanyak 41 kafilah MTQ Nasional Sumbar masing-masing 23 Qori dan 18 Qoriah lulus verifikasi dan siap berlaga mengharumkan nama daerah.

"Seluruh Qori dan Qoriah yang kita bawa lulus verifikasi. Tidak ada masalah. Jadwalnya, anak-anak kita akan mulai bertanding pada Minggu(31/8)," ujar pendamping kafilah Sumbar, Jumaidi di Mataram, Sabtu.

Verifikasi itu menurutnya, dilakukan untuk memastikan peserta yang dikirimkan sama dengan yang didaftarkan melalui sistem e-MTQ.

"Persoalannya terkadang, foto yang digunakan saat mendaftar e-MTQ adalah foto lama. Saat verifikasi panitia ragu karena yang bersangkutan terlihat agak berbeda dari foto. Tetapi dengan dokumen pendukung yang lengkap, kafilah Sumbar lulus verifikasi," katanya.

Ia menyebutkan, saat ini peserta bersama pelatih diarahkan untuk mempersiapkan diri menjelang pertandingan.

"Hari ini, belum ada pertandingan. Acara difokuskan untuk pembukaan yang rencananya dilakukan Presiden Joko Widodo," katanya.

Salah satu panitia lokal, Sane menyebutkan masyarakat NTB memang sangat mengharapkan MTQ Nasional ke-26 tersebut dibuka oleh presiden.

"Ini adalah harapan masyarakat dan sekaligus menjadi sebuah kehormatan," sebutnya.

Sejak Jumat (29/7) malam, helikopter beberapa kali terlihat terbang rendah di Mataram, NTB. Hal itu disebut salah satu langkah pengamanan kedatangan presiden.(mko)