Agam Butuh Rp20 Miliar Pengadaan Truk-Kontainer Sampah

id Agam

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, membutuhkan dana sekitar Rp20 miliar untuk pengadaan truk dan kontainer pengangkutan sampah di daerah itu.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat, Azwir di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan daerah itu membutuhkan truk pengangkut sampah sebanyak 31 unit dengan harga Rp12,4 miliar dan kontainer sebanyak 310 unit dengan harga Rp7,75 miliar.

"Satu unit truk seharga Rp400 juta dan kontainer sampah seharga Rp25 juta," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya setiap tahun mengusulkan pengadaan truk dan kontainer ini ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Namun karena keterbatasan dana yang berasal dari APBD maka usulan itu belum bisa diwujudkan.

"Kita akan mengusulkan sebanyak 16 truk pada APBD 2017, mudah-mudahan bisa terealisasi," tambahnya.

Ia menyebutkan, penghitungan kebutuhan truk dan kontainer sampah ini sudah disesuaikan dengan luas wilayah di Agam.

Idealnya jumlah truk untuk melayani pengangkutan sampah di Agam sebanyak 40 unit, dan yang tersedia baru sebanyak sembilan unit.

Sedangkan kebutuhan kontainer sebanyak 400 unit dan yang tersedia baru 90 unit.

"Truk dan kontainer ini juga sebagian besar mengalami rusak, akibat faktor usia karena sudah di atas 15 tahun," katanya.

Dengan armada yang sedikit itu pihaknya baru bisa melayani pengangkutan sampah di pasar tradisional, sejumlah permukiman masyarakat di Lubuk Basung dan sekolah.

Salah seorang warga Lubuk Basung, Samsul Bahri berharap pemerintah dapat menambah truk dan kontainer sampah secara bertahap, sehingga bisa melayani pengangkutan sampah di 16 kecamatan daerah itu.

"Setidaknya Pemkab Agam menambah sebanyak 20 unit setiap tahun, agar tidak terjadi kekurangan truk dan kontainer untuk mengangkut sampah," katanya. (*)