KONI Sawahlunto Kukuhkan Kontingen Porprov XIV Sumbar

id KONI Sawahlunto

Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), mengukuhkan kontingen Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sumbar dari kota itu, Jumat.

"Kami menyiapkan sebanyak 318 atlet yang akan berlaga pada 28 cabang olahraga(Cabor) yang dipertandingkan pada ajang tersebut," kata Ketua KONI setempat, Syafril.

Seluruh atlet tersebut, lanjutnya, dijaring dalam rangkaian seleksi yang cukup panjang oleh masing-masing pengurus cabang (Pengcab) olahraga yang ada di kota itu, untuk dibina menjadi atlet berprestasi yang akan mewakili daerah itu nantinya.

Setelah dikukuhkan sebagai anggota kontingen, jelas dia, seluruhnya akan menjalani pemusatan latihan secara terpadu untuk meningkatkan kekuatan fisik mereka sebagai target utama, disamping pematangan keahlian serta strategi bersama para pelatih masing-masing cabor.

Disamping itu, pembinaan disiplin juga menjadi salah satu agenda utama pihaknya dalam pemusatan latihan tersebut, agar mampu menghasilkan atlet-atlet berkualitas baik dalam meraih prestasi serta menjalin kekompakan terhadap sesama atlet di seluruh cabor yang dilombakan.

"Materi pembinaan inilah yang menjadi kunci sukses atlet Kota Sawahlunto dalam meraih prestasi sejak dua tahun belakangan ini," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Sawahlunto, Ali Yusuf dalam sambutannya saat memimpin upacara pengukuhan kontingen tersebut di kawasan Lapangan Ombilin, meminta kepada seluruh atlet, manajer dan official untuk selalu menjaga nama baik kota itu, selama menjalani masa pemusatan latihan serta pada saat bertanding nanti.

"Tingkatkan latihan dan disiplin karena dua hal itu merupakan modal utama dalam meraih prestasi," sebutnya.

Terkait penetapan target peringkat pada Porprov XIV Sumbar yang akan dilaksanakan di Kota Padang, Desember 2016, dia mengatakan pihaknya tidak mau membebankan hal tersebut kepada para kontingen asal kota itu.

Menurutnya, target yang ditetapkan bukan pada peringkat melainkan pada upaya maksimal yang dilakukan masing-masing cabor untuk meraih prestasi lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Yang pasti pihak pemerintah daerah akan menyiapkan bonus lebih besar dari sebelumnya, bagi para atlet yang mampu meraih medali emas pada Porprov XIV nanti," ujarnya. (*)