WWF Pamerkan Instalasi Harimau Sumatera

id harimau sumatera

WWF Pamerkan Instalasi Harimau Sumatera

Harimau Sumatera. (Antara) ( )

Jakarta, (Antara Sumbar) - WWF Indonesia pada Jumat, memamerkan instalasi 371 replika harimau Sumatera di Senayan City, Jakarta, untuk merayakan Hari Harimau Sedunia.

Direktur Komunikasi dan Advokasi WWF Indonesia Nyoman Iswarayoga mengatakan 371 replika tersebut representasi dari jumlah Harimau Sumatera itu sendiri.

"Angka Harimau Sumatera dari Aceh hingga Lampung hanya tinggal 371 ekor, sementara di seluruh dunia ada 3.871 ekor. Kepunahan ini terus berlanjut dengan berkurangnya dan terfregmentasi habitat mereka di Pulau Sumatera," kata Nyoman.

Dia mengatakan Harimau Sunatera merupakan salah satu satwa yang permintaannya tinggi dalam perburuan dan perdagangan satwa ilegal.

WWF Indonesia mencatat dalam kurun waktu 2010 hingga 2014 terjadi kematian 19 harimau karena kematian alamiah, konflik dengan manusia maupun perburuan.

"Jika tidak segera dilindungi maka Harimau Sumatera akan punah, diperkirakan dunia akan kehilangan seljrhh populasi harimau ini dalam lima tahun ke depan," kata dia.

Untuk itu WWF membuat kampanye #DoubleTigers yang dimaksudkan mengajak masyarakat mendukung kegiatan konservasi Hariamu Sumatera.

Salah satunya dengan pameran instalasi yang berlangaung selama 10 hari.

Dibantu dengan seniman Bali Artgsm, replika Harimau Sumatera itu dibuat dari bahan kertas bekas yang dilumatkan (papier mache).

Replika ini dapat dimiliki dengan harga Rp3.710.000 untuk satu harimau.

Selain itu publik juga dapat berkontribhsi melalui laman kitabisa.com/doubletigers dan memberikan dukungan finansial untuk konservasi Harimau Sumatera.

Sejumlah artis pun ikut mendukung gerakan ini seperti Arifin Putra, Ruben Onsu, Wulan Guritno, Zaskia Sungkar, Nugie dan lainnya. (*)