Polda Sumbar: Sijunjung Sudah Kondusif

id Kerusuhan Mapolres Sijunjung

Polda Sumbar: Sijunjung Sudah Kondusif

Aparat keamanan berupaya menenangkan massa yang mengamuk dan melempari Mapolres Sijunjung, Selasa siang (26/7). (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat, AKBP Syamsi menyatakan situasi pasca-kerusuhan massa di Mapolres Sijunjung sudah mulai kondusif.

"Warga yang sempat marah akibat operasi patuh yang digelar kepolisian setempat sudah kembali ke rumah masing-masing," kata dia di Padang, Selasa.

Ia mengungkapkan unjuk rasa yang digelar sekelompok masyarakat akibat adanya pihak-pihak yang mempolitisir operasi patuh helem yang dilakukan Polres Sijunjung, sehingga warga melakukan unjuk rasa dan aksi ricuh.

Saat ini situasinya sudah mulai kondusif. Untuk pengamanan di lokasi akan diantisipasi dahulu oleh Polres-polres tetangga hingga situasi bisa tenang kembali.

Ia mengatakan hingga saat ini Polda Sumbar belum mengirimkan bantuan personel pengamanan ke lokasi.

"Kita masih menunggu situasi, untuk sekarang kita amankan terlebih dahulu dengan pasukan dari Polres terdekat dengan lokasi," kata dia.

Sebelumnya Polres Sijunjung, diserang massa pada Selasa siang (26/7) dengan melakukan pelemparan batu dan benda lainnya yang menyebabkan kaca-kaca jendela dan mobil di depan Mapolres pecah.

Untuk membubarkan massa yang melakukan penyerangan sekitar pukul 14.20 WIB, polisi menembakkan gas air mata ke arah kerumunan.

Puluhan personel dari Polres Kota Sawahlunto diperbantukan ke Mapolres Sijunjung, guna mengendalikan kebrutalan massa yang menyerang.

Aksi massa ini diduga dipicu adanya razia yang digelar aparat setempat.

Laporan wartawan Antara Sumbar dari Tempat Kejadian Peristiwa (TKP), ratusan massa terus melakukan penyerangan, meski sudah berulang kali dihalau dan ditembakkan gas air mata.

Hingga berita ini diturunkan belum diperoleh informasi adanya korban, namun suasana masih mencekam di kawasan itu. (*)