Kemenag Dharmasraya Selesaikan Dokumen Keberangkatan Calon Haji

id Haji

Kemenag Dharmasraya Selesaikan Dokumen Keberangkatan Calon Haji

( )

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menyebutkan bahwa calon jamaah haji (calhaj) daerah itu telah menyelesaikan kelengkapan dokumen keberangkatan haji.

"Semuanya tidak ada permasalahan, mulai dari pembayaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), pendaftaran ulang, dan proses migrasi sudah selesai, tinggal persiapan menjelang keberangkatan," kata Kepala Seksi Haji dan Umroh Kemenag Dharmasraya, Suhardi, di Pulau Punjung, Minggu.

Sebanyak 107 calon haji asal daerah itu dipastikan akan berangkat setelah menyelesaikan dokumen, kelengkapan paspor dan visa di bagian migrasi, kata dia.

Dia mengatakan, pemberangkatan jamaah calon haji daerah itu tergabung pada kelompok terbang (kloter) tujuh bersama Kota Bukittinggi dan Kota Padang.

"Jamaah calon haji kita akan masuk ke asrama haji pada 18 Agustus 2016, lalu diterbangkan ke Madina melalui embarkasi Padang 19 Agustus," ujarnya.

Menurut dia, untuk persiapan keberangkatan pihaknya telah menyelesaikan manasiak gabungan bagi seluruh calon jamaah haji.

Sedangkan, kata dia, pihaknya berharap proses vaksinasi harus dapat dilakukan 15 hari menjelang waktu keberangkatan ke embarkasi Padang.

"Setelah manasiak gabungan akan dilaksanakan vaksinasi, namun mengenai waktu belum ada laporan dari Dinas Kesehatan hingga saat ini. Harapan secepatnya," ujarnya.

Ia mengimbau jamaah calon haji agar menjaga kesehatan untuk mempersiapkan diri menuju Baitullah.

Kemudian, jamaah calon haji senantiasa meningkatkan rasa keikhlasan, rasa kesabaran, tawakal, ibadah sunnah dan memperbaiki budi pekerti supaya menjadi haji yang mabrur.