KPU Payakumbuh Lantik Angota PPK-PPS

id pilkada, payakumbuh, pelantikan, PPK-PPS

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh Sumatera Barat, melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan kepala daerah tahun 2017.

"Hari ini kami melantik angota PPK dan PPS setelah sebelumnya dilakukan penjaringan serta penyelesian," kata Ketua KPU Kota Payakumbuh Hetta Manbayu usai pelantikan di Payakumbuh, Rabu.

Ia menambahkan, setelah dilantik angota PPK dan PPS agar melakukan percepatan konsolidasi di wilayah masing-masing sehingga dapat sama-sama dalam bertugas untuk menyukseskan pilkada 2017.

Kemudian mereka juga harus lakukan koordinasi dengan semua pihak serta rangkul dan raih simpatisi masyarakat sehingga mereka tergerakkan untuk berpatisipasi dalam menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

Hetta mengingatkan agar semua anggota PPK dan PPS harus netral atau tidak boleh memihak kepada salah satu pihak.

"Sumpah yang telah diucapkan tadi mengandung filosofi yang dalam, yakni mengutamakan kejujuran, keadilan, dan cermat dalam bekerja serta mengutamakan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi," ujar dia.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar memahami aturan dalam menjalankan tugas agar tidak menimbulkan masalah hukum nantinya.

Ia menyebutkan jumlah anggota PPK dan PPS yang dilantik tersebut berjumlah 169 orang, yakni 25 untuk PPK dan 144 untuk PPS.

Sebelumnya, KPU melakukan penjaringan untuk anggota PPK dan PPS, dimana calonnya diperbolehkan dari kalangan aparatur sipil negara (ASN), namun tidak dibolehkan dari keanggotaan partai politik.

Salah seorang warga Payakumbuh, Mawardi meminta anggota PPS dan PPK yang baru dilantik tersebut bersikap netral, sehingga pilkada jujur, adil, dan aman dapat terlaksana dengan baik di daerah itu.

"Sikap netral penyelenggara sangat diharapkan, apalagi calon incumbent ikut bertarung dalam pilkada nantinya," kata dia. (*)