32 Atlet Tinju Ikuti Kejuaraan STED di Agam

id Tinju

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Sebanyak 32 atlet tinju di kabupaten dan kota di Sumatera Barat, akan mengikuti kejuaraan Sarung Tinju Emas Daerah (STED) di Gelangang Olahraga (Gor) Rang Agam Lubuk Basung, Kabupaten Agam pada 22 sampai 24 Juli 2016.

Ketua Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kabupaten Agam, Bambang Warsito di Lubuk Basung, Selasa, mengatakan, ke 32 atlet ini berasal dari Kabupaten Agam sebanyak tujuh orang, Pasaman sebanyak empat orang, Tanah Datar sebanyak satu orang.

Lalu, Pasaman Barat sebanyak tiga orang, Limapuluh Kota sebanyak dua orang, Kepulauan Mentawai sebanyak dua orang, Solok sebanyak dua orang, Solok Selatan sebanyak satu orang, Padang Pariaman sebanyak dua orang.

Sementara itu, Sijunjung sebanyak satu orang, Kota Solok sebanyak dua orang, Bukittinggi sebanyak satu orang, Padang Panjang sebanyak satu orang, Payakumbuh sebanyak satu orang dan Sawahlunto sebanyak dua orang.

"Para pemenang nantinya akan mendapatkan medali, piagam dan uang pembinaan dari panitia," katanya.

Ia menambahkan, kejuaraan ini untuk memperebutkan tropi Bupati Agam 2016, dalam rangka menyemarakan hari ulang tahun ibukota Kabupaten Agam di Lubuk Basung ke-23 yang jatuh pada 19 Juli 2016.

Sedangkan tujuan kegiatan ini untuk ajang silaturahmi antara sesama komunitas olahraga tinju di Sumbar.

Selain itu, sebagai ajang bagi atlet tinju Agam untuk mempersiapkan diri menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV di Padang pada 2016.

Agar pelaksanaan berjalan dengan baik, Pertina Agam melakukan kersama dengan Polres Agam, Dandim 0304 Agam, Satpol PP untuk pengamanan.

"Kita juga menyiapkan dua dokter, perawat, mobil ambulan dan lainnya selama pertandingan, karena ini merupakan syarat pertandingan dimulai dan apabila tidak ada tim medis, maka dewan juri dan hakim tidak akan memulai pertandingan itu," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Provinsi Pertina Sumbar, Togi P Tobing, menambahkan, ke 32 atlet tinju ini merupakan atlet yang berprestasi tingkat Sumbar dan mereka lolos pada Pra Porprov XIV di Padang.

"Ini merupakan ajang persiapan atlet menjelang Porprov XIV di Padang nantinya, karena mereka akan mewakili kabupaten dan kota saat ajang bergengsi tingkat Sumbar itu," katanya.

Ia mengatakan, terlaksananya kejuaraan STED di Agam ini berkat dukungan dari kepala daerah setempat dan berharap kegiatan ini menjadi agenda tahunan saat memperingati HUT perpindahan ibukota.

Dengan cara ini, katanya, maka Kabupaten Agam akan lahir atlet tinju yang berbakat, karena pada Porprov XI di Agam, daerah itu keluar sebagai juara umum pada cabang tinju.

Namun Porprov XII di Limapuluh Kota pada 2012 dan Porprov XIII di Dharmasraya pada 2014, prestasi cabang tinju Kabupaten Agam menurun.

"Kita berharap kejayaan cabang tinju Agam ini kembali terulang," tambahnya. (*)