Lalu Lintas Kelok Sembilan Ramai Lancar Minggu-Malam

id kelok sembilan, ramai, lancar

Lalu Lintas Kelok Sembilan Ramai Lancar Minggu-Malam

Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Kelok Sembilan Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat. Pemerintah Provinsi Sumateara Barat membangun jembatan layang guna memudahkan lintas darat yang menghubungkan Sumbar - Riau. (ANTARA-SUMBAR/ Syafril/12)

Sarilamak, (Antara Sumbar) - Arus lalu lintas di Kelok Sembilan dalam kategori ramai lancar, pada Minggu malam sekitar pukul 20.16 WIB.

"Arus lalu lintas masih dalam kategori ramai lancar. Volume kendaraan bertahan sejak sore tadi," kata Kepala Pos Pengamanan Lebaran Kelok Sembilan Iptu Darmadi, di Sarilamak, Minggu.

Keadaan tersebut, katanya diperkirakan masih terus bertahan hingga tengah malam nanti.

"Kendaraan yang hendak menuju ke Pekanbaru masih terus meningkat. Kemungkinan kondisi lalu lintas ramai lancar akan terjadi hingga tengah malam nanti," jelasnya.

Darmadi menyebutkan sejak Rabu (6/7), tidak ada peningkatan volume kendaraan yang berarti di Kelok Sembilan.

"Intensitas kendaraan memang ramai, tapi tidak sampai terjadi kemacetan di kelok sembilan sejak lebaran hari pertama sampai hari ini," jelasnya.

Kepadatan arus terjadi di jalan dalam kota sebelum kelok sembilan. Tepatnya di Tanjung Pati, Batu bolang.

Namun kepadatan tersebut telah diurai dengan mengalihkan kendaraan dari Padang, menuju Pekanbaru itu, dengan jalur tembus di daerah Ketinggian.

"Kemacetan terjadi karena mobilitas kendaraan masyarakat lokal juga ramai, terlebih mengingat dekat dengan lokasi wisata Lembah Harau," jelas Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Limapuluh Kota AKP Zulhermansyah.

Selain itu, katanya, untuk kelancaran arus di kelok sembilan pihak kepolisian melakukan pemecahan jalan.

Dimana kendaraan dari Padang menuju Pekanbaru diarahkan ke jalan kelok sembilan lama, tanpa melalui jembatan layang (Fly Over).

Sementara Fly Over Kelok Sembilan hanya dilalui oleh kendaraan dari arah Pekanbaru, menuju Padang. (*)