Jalinsum di Dharmasraya Macet Akibat Peminta Sumbangan

id jalinsum, dharmasraya, macet

Jalinsum di Dharmasraya Macet Akibat Peminta Sumbangan

Ilustrasi - Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Panturan, Cirebon, Jawa Barat, Senin (4/7/2016). Pada H-2 Lebaran, volume kendaraan pemudik yang melintas di Jalur Pantura menuju daerah di Jawa Tengah meningkat dan mengalami kemacetan parah. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc/16)

Padang, (Antara Sumbar) - Arus lalu lintas di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya kilometer lima Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) dilaporkan mengalami kemacetan hingga 1,5 kilometer akibat peminta sumbangan di pinggir jalan.

"Sebenarnya lalu lintas padat tapi lancar, akibat peminta sumbangan yang mengatus arus lalu lintas malah jadi macet," kata salah seorang pemudik Adi Nugroho saat dikonfirmasi dari Padang, Minggu.

Menurut dia di lokasi tersebut memang sedang ada pengerjaan jalan namun karena Lebaran aktivitas dihentikan dan kendaraan dapat lewat dari dua lajur.

" Akan tetapi akibat warga setempat yang meminta sumbangan dengan kotak kardus sembari mengatur lalu lintas jadi macet," lanjutnya.

Ia menyesalkan ulah peminta sumbangan yang mengatur lalu lintas karena tidak diperlukan apalagi lalu lintas lancar.

Arus lalu lintas tidak perlu diatur, justru dengan adanya yang mengatur malah jadi tambah macet, katanya.

Berdasarkan pantauan jalur lintas Sumatera yang merupakan jalur menuju ke Jambi dan provinsi lain terpantau padat lancar.

Arus kendaraan didominasi oleh mobil pribadi dari arah Padang yang hendak ke luar provinsi sejak Minggu siang.

Sementara pemudik lainnya, Ratna berharap pihak berwenang menertibkan orang-orang yang meminta sumbangan di jalan selama Lebaran karena menjadi penyebab kemacetan.

"Lalu lintas padat ditambah dengan orang minta sumbangan jadi tersendat," kata dia. (*)