Harga Bahan Pokok di Padang Mengalami Kenaikan

id Bahan Pokok

Harga Bahan Pokok di Padang Mengalami Kenaikan

Bahan kebutuhan pokok. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Harga kebutuhan bahan pokok pada beberapa pasar di Kota Padang cenderung mengalami peningkatan dua hari jelang lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah (H-2), Senin.

Dari pantauan di Pasar Banda Buek, Balimbiang dan Simpang Haru, menunjukan beberapa bahan pokok seperti daging sapi, daging ayam, bawang merah, cabai, dan sayuran berada pada kisaran harga lebih tinggi dari minggu sebelumnya.

Harga Daging Sapi di tiga pasar tersebut dijual Rp120 ribu per kilogram, yang sebelumnya Rp110 ribu per kilogram sedangkan daging ayam dijual Rp24 ribu hingga Rp26 ribu per kilogram sebelumnya Rp21 ribu per kilogram.

Menurut salah satu pedagang daging sapi di Pasar Balimbiang, Wahyu (24) kenaikan harga tersebut tidak berubah dari minggu lalu namun sejak awal puasa.

Meskipun demikian dengan permintaan yang terus meningkat kenaikan harga tersebut cenderung stabil.

"Harga Rp120 ribu per kilogram merupakan kisaran harga normal jelang lebaran," tambahnya.

Pedagang daging sapi lain di Pasar Banda Buek, Alex (60) menyebutkan jumlah kenaikan harga daging sapi kali ini tidak terlalu signifikan.

"Bila ada yang menaikkan harga daging sapi hingga Rp130 ribu lebih per kilogram lebih kepada permintaan dan persediaan," ujarnya.

Pedagang lain Rio (29) yang berjualan cabai di Pasar Balimbiang, mengaku harga cabai hari ini mengalami peningkatan dari hari sebelumnya.

Dia menyebutkan pada hari ini cabai dijual Rp44 ribu per kilogram naik dari hari Jumat (1/7) dengan harga Rp35 ribu per kilogram.

Meskipun demikian dia mengakui naik turunnya harga cabai lebih pada persediaan dan permintaan di pasaran.

"Cabai tidak bisa dipastikan harganya naik setinggi-tingginya dan turun serendah-rendahnya," ujarnya.

Sementara pedagang bawang di Pasar Buek Lies (57) menyebutkan harga bawang kampung juga mengalami kenaikan dari Minggu lalu, dari Rp32 ribu per kilogram dan saat ini Rp35 ribu per kilogram.

Senada dengan itu salah satu pembeli Yanti (30) mengatakan selain bahan pokok, sayuran juga mengalami peningkatan.

Dia menyebutkan harga tomat yang biasanya Rp5 ribu per kilogram naik menjadi Rp8 ribu per kilogram, kemudian Wortel yang biasanya Rp14 ribu per kilogram naik jadi Rp18 ribu per kilogram, telur dari Rp38 ribu per kardus jadi Rp40 ribu per kardus.

Kenaikan harga yang paling mencolok kata dia yakni harga buncis yang mencapai Rp20 ribu per kilogram yang biasanya hanya berkisar Rp8 ribu hingga Rp9 ribu per kilogram.

"Besar kemungkinan karena banyaknya yang membuat gulai tauco menggunakan buncis saat lebaran," katanya.

Secara keseluruhan kata dia, harga mengalami kenaikan dalam satu Minggu.

Sebelumnya pemkot Padang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah melakukan operasi pasar guna mengantisipasi lonjakan harga jelang lebaran.

Kepala Disperindag Padang Hendrizal Azhar menyebutkan pelaksanaan operasi pasar berjalan lancar, akan tetapi terkait menekan harga lebih pada pasar, pemerintah hanya bisa menstabilkan saja.

"Kenaikan harga jelang beberapa hari lebaran lumrah terjadi dan itu dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan di pasaran," ujarnya. (*)