Bukittinggi Pusatkan Shalat Id di Lapangan Wirabraja

id Shalat Id, Bukittinggi, Lapangan, Wirabraja

Bukittinggi Pusatkan Shalat Id di Lapangan Wirabraja

Ilustrasi – Ribuan umat Islam bersiap melaksanakan Shalat Idul Adha 1433 Hijriah di Lapangan Imam Bonjol, Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (26/10/2012).(ANTARA SUMBAR/Syafril)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), memusatkan pelaksanaan Shalat Hari Raya Idul Fitri di Lapangan Wirabraja atau biasa disebut Lapangan Kantin.

"Pelaksanaan Shalat Id sudah dibicarakan dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Bukittinggi, dilaksanakan di Lapangan Kantin seperti 2015," kata Wali Kota Bukittinggi, M Ramlan Nurmatias di Bukittinggi, Jumat.

Ia menambahkan, usai pelaksanaan shalat tersebut, akan langsung digelar "open house" di rumah dinas wali kota di Belakang Balok.

"Tentu kami harap kondisi cuaca mendukung, tidak hujan dan pelaksanaan shalat berlangsung lancar," ujarnya.

Sementara, Ketua PHBI Bukittinggi, Khamidir menyampaikan, persiapan akan dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan shalat.

"Satu hari sebelum shalat, yakni pada sore harinya mulai dipasang tali-tali pembatas saf. Dilanjutkan besok paginya sebelum shalat dengan membentangkan karpet sajadah," lanjutnya.

Pelaksanaan Shalat Id dijadwalkan mulai pukul 07.00 WIB pada 6 Juli 2016.

Shalat akan dipimpin oleh imam Ustad Arif Budiman dari Batam, Provinsi Kepulauan Riau dan khatib Sukri Iska, Dosen Pascasarjana IAIN Batusangkar.

"Bila cuaca nanti tidak mendukung, maka shalat dialihkan ke Masjid Al Hanif yang lokasinya berdampingan dengan Lapangan Kantin," tambahnya.

Menurutnya, diperkirakan penetapan Hari Raya Idul Fitri tahun ini akan serentak khususnya di daerah itu.

"Kami ajak masyarakat serta para perantau yang pulang kampung, mari bersama-sama melaksanakan Shalat Id di Lapangan Kantin ini," ujarnya. (*)