BPJS Kesehatan Pangkas Prosedur Pelayanan Saat Mudik

id BPJS Kesehatan, Mudik, Bukittinggi

BPJS Kesehatan Pangkas Prosedur Pelayanan Saat Mudik

BPJS Kesehatan. (ANTARA FOTO)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mempermudah pelayanan kesehatan dengan mempersingkat prosedur bagi para peserta selama masa libur lebaran.

"Kemudahan ini membuat prosedur pelayanan jadi lebih singkat. Karena masyarakat peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik dapat berobat di mana saja di tempat pelayanan kesehatan yang telah bekerjasama," kata kepala Unit Manajemen Pelayanan Rujukan Tingkat Lanjutan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bukittinggi, Fauzi di Bukittinggi, Rabu.

Ia menjelaskan, melalui prosedur itu para peserta dapat langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat saat mudik tanpa harus mengurus surat rujukan terlebih dahulu atau melapor ke kantor cabang setempat.

"Perlu diperhatikan, prosedur ini hanya berlaku bagi peserta yang keanggotaannya aktif sehingga kami imbau peserta untuk memastikan dan disiplin membayar iuran," lanjutnya.

Selain itu, layanan tersebut hanya diberlakukan pada H-7 hingga H+7 lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah.

"Pada prinsipnya, prosedur tersebut berlaku bagi semua peserta aktif, baik bagi yang sedang mudik maupun masyarakat yang tetap berada sesuai domisili," jelasnya.

Ia menegaskan, fasilitas kesehatan tidak dibenarkan untuk menarik pembayaran dari peserta selama mengikuti prosedur yang telah ditentukan.

Sementara Direktur Rumah Sakit Achmad Muchtar Bukittinggi, Ermawati menyampaikan, pihaknya akan memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pasien.

"Kami memberikan edukasi bagi setiap perawat agar melayani pasien dengan ramah dan terlebih dahulu memperkenalkan diri kepada pasien dan keluarganya," katanya.

Namun ia tidak memungkiri bahwa belum semua perawat yang menjalankan tugas sesuai edukasi yang telah diberikan tersebut.

"Edukasi tersebut dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan sehingga diharapkan nanti pelayanan bagi masyarakat menjadi lebih memuaskan," ujarnya. (*)