154 Mahasiswa Unand KKN-PPM di Solok

id Mahasiswa Unand

Arosuka, (Antara Sumbar) - Sebanyak 154 mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Rektor Unand, Prof Tafdil Husni ketika penyerahan mahasiswa kepada pemerintah setempat di ruang Pelangi Kantor Bupati Arosuka, Rabu, mengatakan para mahasiswa akan ditempatkan di empat kecamatan dan lima nagari (desa adat) daerah itu.

Dua nagari di Kecamatan Lembah Gumanti yakni Sungai Nanam dan Salimpat, di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Nagari Sungai Durian, di Kecamatan Junjung Sirih Nagari Muaro Pingai dan di Kecamatan Kubung Nagari Selayo.

Ia menambahkan, KKN-PPM mahasiswa Unand itu dilaksanakan dari 15 Juni hingga 25 Juli 2016. Kegiatan kali ini mengusung tema "Pembangunan karakter mahasiswa melalui pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat."

Ia mengharapkan seluruh mahasiswa yang melaksanakan KKN-PPM bisa berbaur dan menyatu dengan masyarakat setempat juga memberi kontribusi positif.

Sementara itu Bupati Solok, Gusmal menyebutkan, mempelajari sebuah disiplin ilmu dalam kampus dan terjun langsung ke lapangan untuk menerapkan ilmu yang dipelajari sebelumnya akan sangat berbeda.

Mahasiswa diharapkan bisa membantu masyarakat untuk menggali potensi mereka, dengan menyampaikan peluang yang mungkin bisa mengangkat taraf hidup dan pemahaman yang baik tentang perubahan zaman.

"Di masa datang alangkah baiknya pelaksanaan KKN-PPM bisa diselaraskan dengan visi-misi Kabupaten Solok 2016 hingga 2021 " lanjutnya.

Acara itu dihadiri pejabat satuan kerja perangkat daerah setempat, camat dan wali nagari yang wilayahnya menjadi lokasi kegiatan KKN-PPM mahasiswa. (*)