Kemenkes: Hidup Sehat Harus Dimulai Sejak Dini

id Kemenkes

Jakarta, (Antara Sumbar) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengajak seluruh masyarakat untuk memulai pola hidup sehat sejak dini agar tetap dalam kondisi bugar dan produktif saat memasuki usia lanjut.

"Hidup sehat harus dimulai sejak dini, sejak muda," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Untung Suseno Sutarjo melalui siaran pers di Jakarta, Senin.

Contoh pola hidup sehat yang dimaksud antara lain mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan olahraga secara rutin.

Dia mengatakan para lanjut usia (lansia) yang sehat juga harus diberdayakan agar dapat tetap sehat dan mandiri selama mungkin.

"Salah satu upaya untuk memberdayakan lansia di masyarakat adalah melalui pembentukan dan pembinaan kelompok lansia yang di beberapa daerah disebut dengan Posyandu Lansia atau Posbindu Lansia," katanya.

Melalui kelompok-kelompok tersebut, lansia dapat melakukan kegiatan yang dapat membuat mereka tetap aktif.

Melalui kelompok dimaksud, lansia dapat berperan sebagai kader di kelompok lansia, melakukan senam lansia, dan memasak bersama.

Selain itu, lansia juga dapat membuat kerajinan tangan yang selain berperan sebagai penyaluran hobi juga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

"Para lansia kita harapkan menjadi lansia yang sehat, aktif, dan produktif," katanya.

Hal tersebut, tegas dia, bisa dicapai dengan cara mengatur pola hidup, menjaga kesehatan, dan mempersiapkan diri jauh sebelum menjadi Lansia

"Menjaga kesehatan sejak dini merupakan investasi yang berharga sehingga pada saatnya nanti setiap individu mampu menjadi lansia yang sehat, aktif, mandiri, dan produktif," katanya.

Lansia, tambah dia, merupakan sebuah siklus hidup manusia yang hampir pasti dialami setiap orang. (*)