Mitra Kerinci Dukung Pengembangan Wisata Kebun Teh

id Mitra Kerinci

Padang Aro, (Antara Sumbar) - PT Mitra Kerinci yang merupakan anak perusahaan dari PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) mendukung pengembangan destinasi wisata di kebun dan pabrik teh di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

"Kami mendukung program pengembangan destinasi wisata di kebun teh oleh pemerintah setempat walaupun saat ini kita belum fokus kesana," kata Manager Sumber Daya Manusia PT Mitra Kerinci Haryanto, di Padang Aro, Senin.

Dia menerangkan, kedepan juga akan disediakan satu wilayah khusus supaya nantinya wisatawan bisa membeli serta mencicipi tea.

"Sekarang kami belum punya counter untuk penjualan serta minum teh tetapi jika memang dibutuhkan kedepan akan disediakan satu wilayah khusus untuk itu," jelasnya.

Dengan keterbatasan yang ada saat ini, ujarnya, maka pihaknya akan melihat dulu paket-paket yang akan ditawarkan oleh pemerintah atau travel agent yang akan membawa wisatawan.

Sementara itu Kepala Dinas Budaya pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Solok Selatan Doni, Hendra mengatakan, jika pihaknya dengan Mitra Kerinci sebetulnya sudah ada kerjasama khusus pengembangan wisata.

"Kerjasama itu belum kuat sehingga perlu komitmen bersama lagi supaya pengembangan destinasi wisata di kebun teh bisa lebih baik lagi," jelasnya.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Association of Sales Travel Indonesia (Asati) Sumbar, Ade Nuzirwan mengatakan, akan menjadikan Solok Selatan sebagai pilot Projek pengembangan wisata di Sumbar dan berharap pihak PT Mitra Kerinci mendukung program experiens the green nature.

"Mitra Kerinci bisa mensuport apa yang sedang kami usahakan untuk memajukan wisata Solok Selatan dan kami memiliki konsep yang sederhana dan apa adanya," sebutnya.

Dia berharap, pihak PT Mitra Kerinci membangun satu counter tea dima disitu pengunjung bisa menikmati teh serta membelinya untuk oleh-oleh.

Selain itu, tambahnya, perusahaan juga harus memiliki standar untuk penyajian teh supaya wisatawan itu merasa nyaman dan menikmatinya sehingga ia ingin kembali berkuinjung ke Solok Selatan.

Sebagai poin bagi Mitra Kerinci, ujarnya adalah perusahaan memiliki pabrik teh hijau terbesar di asia tenggara serta bisa menikmati teh kualitas terbaik yaitu white tea.

"Jika pengunjung bisa melihat lansung cara pengolahan teh di pabrik teh hijau terbesar di asia tenggara tentu akan menjadi nilai sendiri," sebutnya. (*)