Unand-Agu Vietnam Sepakati Kerja Sama Institusi

id Unand-Agu Vietnam

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat dan Universitas An Giang (AGU) Vietnam menyepakati nota kesepahaman untuk bekerjasama dalam pengembangan institusi masing-masing perguruan tinggi tersebut.

"Rintisan kerja sama ini telah dimulai beberapa tahun lalu saat kunjungan kami ke Vietnam," kata Dekan Fakultas Pertanian Unand Ardi, di Padang, Senin.

Dia menyebutkan pada beberapa tahun lalu tersebut pihaknya telah mengadakan kerja sama riset khusus bidang pertanian.

Setelah itu beberapa dosen dan mahasiswa Pertanian Unand bergantian berkunjung ke Vietnam.

Selain itu melalui program Darmasiswa tiga hingga empat orang mahasiswa AGU dikirim ke Unand dan menimba ilmu.

Bahkan tahun ini terdapat empat orang mahasiswa AGU Vietnam belajar Bahasa Indonesia dan budaya di Unand.

"Atas rekomendasi universitas kerja sama dilakukan menyeluruh secara institusi," kata dia.

Sebagai bukti kerja sama tersebut Rektor Unand telah menandatangani nota kesepahaman bersama wakil rektor AGU pada Kamis 26 Mei 2016.

Saat ini dan hingga beberapa tahun mendatang akan ada kerja sama dalam hal pertukaran mahasiswa, kerja sama riset, akademik dan pengabdian masyarakat serta pengembangan inovasi dan teknologi khususnya bidang pertanian.

Di sisi lain Wakil Rektor AGU Hoang Xuan Quang menyebutkan bahwa kerja sama dengan Pertanian Unand telah dimulai 2015 lalu.

Akan tetapi tindak lanjutnya baru disepakati tahun ini.

Sebagai permulaan pihaknya akan mengirim salah satu mahasiswa Magister untuk menimba ilmu dan melanjutkan studi S3 di Unand.

Sementara itu lulusan terbaik mahasiswa wisuda periode II Unand 2016 Siti Khairani berharap kerja sama tersebut dapat memperkuat eksistensi kedua kampus di Asia Tenggara.

Terutama dalam menaklukkan dominasi perguruan tinggi di Singapura dan Malaysia. (*)