Solok Peringkat Kedua O2SN SD Se-Sumbar

id O2SN SD, Sumbar, Juara

Arosuka, (Antara Sumbar) - Kontingen Kabupaten Solok meraih Juara Umum II, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Sekolah Dasar (SD) tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang digelar pada 23-26 Mei 2016.

"Secara keseluruhan kontingen Kabupaten Solok berhasil meraih lima medali emas, empat perak dan empat perunggu," kata Ketua Kontingen O2SN SD Kabupaten Solok, Zulmasdiawarman di Arosuka, Kamis.

Ia menyebutkan, kontingen O2SN SD Kabupaten Solok berada di bawah kontingen O2SN SD Kota Padang yang tampil sebagai Juara Umum I dan berada diatas kontingen O2SN SD Kabupaten Dharmasraya yang menempati posisi ketiga.

Lima medali emas, katanya, dipersembahkan dua atlet dari cabang renang, atas nama

Baron Genjo Gule dan Anggi Yoca, keduanya adalah pelajar SD Negeri di Nagari (desa adat) Sungai Jernih Kecamatan Gunung Talang.

Baron, kata Zulmasdiawarman, bahkan merebut empat medali emas sedangkan Anggi Yoca merebut satu emas dan tiga perak.

"Di cabang renang tersebut, Baron dan Anggi diantaranya turun di nomor gaya bebas dan gaya dada," katanya.

Satu medali perak lainnya, katanya, dipersembahkan oleh Rido Rudolfo. Sedangkan Empat medali perunggu kata dia, diraih oleh Zikra R dari cabang catur, Farid Al Asraf cabang Karate, Jersie Yolanda cabang Atletik dan dari Tim Volly mini Putri.

Zulmasdiawarman yang juga adalah Sekretaris Kwartir Vabang Pramuka Kabupaten Solok itu menerangkan, kepada pelajar yang sukses meraih medali emas, perak dan perunggu, masing-masing diberikan bonus hadiah uang.

Untuk medali emas bonus sebesar Rp1,25 juta per medali. Perak Rp1 juta dan Perunggu Rp750.000.

Pada lomba O2SN SD tingkat Provinsi Sumatera Barat itu katanya, dipertandingkan sejumlah cabang olah raga. Seperti atletik, renang, catur, bulu tangkis, karate, tenis meja dan voli mini.

"Pelatih renang yang berhasil mempersembahkan lima medali emas dari Baron dan Yoca adalah Almaturidi dan Zulpidir," katanya. (*)