MTsN Lubuk Sikaping Tumbuhkan Kepedulian dengan GEBU

id lubuksikaping

Lubuk Sikaping (Antara Sumbar) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, terus berupaya menumbuhkan kepedulian sosial bagi seluruh siswanya melalui program sumbangan yang diberi nama gerakan seribu (gebu).

Kepala MTsN Lubuk Sikaping, Ade Pabrian, di Lubuk Sikaping, Minggu, mengatakan gerakan seribu ini bertujuan untuk memupuk rasa kepedulian sosial siswa dalam menolong antar sesama.

Ia menjelaskan, pihak sekolah tidak pernah mewajibkan para siswa untuk menyumbang, tapi seikhlas dan seadanya saja.

"Gerakan seribu ini merupakan sumbangan yang diberikan oleh siswa sebesar Rp1.000 setiap hari Senin dan Kamis setiap minggunya. Mereka menyalurkan uluran tangan mereka tanpa paksaan," ujarnya.

Ia mengatakan dengan adanya sumbangan gerakan seribu ini dapat digunakan untuk kegiatan sosial di sekolah dan masyarakat.

"Uang yang terkumpul itu akan digunakan untuk membesuk siswa yang sakit. Teman-temannya akan datang membesuk ke rumah siswa yang sakit itu,"katanya.

Selain itu, katanya, uang itu juga akan digunakan untuk membantu keluarga siswa yang terkena dampak musibah seperti banjir dan tanah longsor.

"Kegiatan sumbangan gerakan seribu ini sudah berjalan semenjak tiga tahun yang lalu. Alhamdulillah sudah banyak terasa manfaatnya," ujarnya.

Ade mengakui kalau gerakan seribu ini juga digunakan untuk pembelian dua unit mobil operasional milik sekolah.

"Para guru juga ikut berpartisipasi dalam menyumbang, sehingga kita bisa membeli satu unit mobil operasional lagi," ujarnya.

Ia menjelaskan, sebelumnya MTsN Lubuk Sikaping telah memiliki satu unit mobil operasional dengan uang sumbangan itu. Karena keberadaannya sangat membantu maka sekolah membeli tambahan satu unit mobil lagi.

"Untuk menambah mobil operasional menjadi dua unit, para guru dan pihak sekolah menyatakan sanggup untuk mencicilnya setelah gajian setiap bulannya," katanya. *