Tahapan Awal Pilkada Mentawai Dimulai Mei 2016

id pilkada

Tahapan Awal Pilkada Mentawai Dimulai Mei 2016

Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

Mentawai, (AntaraSumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai menyebutkan tahapan awal pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 di daerah itu dimulai 22 Mei 2016.

"Sesuai dengan keluarnya PKPU No 3 tahun 2016 hasil revisi PKPU No 02 tahun 2015, maka KPU Mentawai akan melakukan tahapan awal Pilkada Mentawai pada 22 Mei tahun ini," kata Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai, Laurensius di Tuapejat, Rabu.

Ia menjelaskan, untuk tahapan awal, pihaknya sudah melakukan persiapan, di antaranya menyusun regulasi, dan pengusulan anggaran yang sudah disampaikan kepada pemerintah sebesar Rp20 miliar namun pada prosesnya mendapatkan alokasi sebesar Rp10 miliar.

Lebih lanjut, menurutnya, semua tahapan Pilkada Mentawai semuanya akan mengacu pada PKPU No 3 tahun 2016, termasuk proses pendaftaran peserta, baik itu yang diusung Partai Politik (Parpol) maupun calon yang maju lewat jalur perseorangan.

Ia menambahkan, untuk perekrutan dan pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan dilakukan pada Juni dan Juli 2016.

Laurensius mengungkapkan, untuk penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran akan dilakukan pada medio 8 Oktober sampai 21 Oktober 2016, sementara rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran tingkat kecamatan dan penyampaian kepada KPU dilaksanakan pada 25 sampai 26 Oktober 2016.

Ia mengimbau, untuk peserta yang akan terlibat dalam Pilkada Mentawai sudah dapat memahami dan melengkapi syarat-syarat yang sudah ditentukan untuk maju dalam pesta demokrasi tersebut.

Ia mengakui, meski PKPU untuk Pilkada serentak sudah keluar, namun revisi UU Pilkada masih sedang dalam pembahasan di DPR RI.

"Namun demikian, tahapan pilkada serentak dan penyelenggaraan pilkada bisa dipastikan tidak terganggu," kata dia.

Meski tahapan Pilkada baru akan dimulai akhir Mei 2016, namun sejumlah nama sudah muncul ke permukaan, Yudas Sabaggalet yang saat ini menjabat bupati Mentawai dipastikan akan kembali maju mencalonkan diri pada Pilkada tersebut.

Yudas mengungkapkan, ia sudah mendapatkan mandat dari PDIP untuk maju kembali dalam Pilkada Mentawai.

"Partai sudah mendukung kami, namun untuk wakil belum bisa kami tentukan saat ini, semua ada prosesnya," ujarnya.

Selain Yudas, Rijel Samoiloisa yang saat ini menjabat wakil bupati Mentawai dan Binsar Saleleaubaja yang merupakan Kepala Dinas Kehutanan Mentawai disebut-sebut juga maju lewat jalur perseorangan. (*)