Sebanyak 7.178 Siswa Ikuti UN SMP Pasaman Barat

id UN SMP, pasaman Barat, Peserta

Simpang Empat, (AntaraSumbar) - Sekitar 7.178 orang siswa mengikuti Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat yang dimulai hari ini, Senin (9/5).

"Hari pertama pelaksanaan UN berjalan lancar dan mudah-mudahan sampai selesai peserta bisa mengikutinya dengan baik," kata Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat meninjau pelaksaan UN di SMP 1 Pasaman Simpang Empat, Senin.

Pada UN Pasaman Barat diikuti sekitar 7.178 siswa di 89 sekolah penyelenggara. Sedangkan sekolah yang bergabung mengikuti UN sekitar 29 sekolah.

"Untuk SMP diiukuti 4.377 siswa dan MTs diikuti 2.811 siswa," ujarnya.

Ia menambahkan agar para siswa untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi ujian nasional.

"Sangat berharap semoga lulus semua, karena saya menilai kesiapan UN sekarang ini jauh lebih baik," lanjutnya.

Ia menekankan agar peserta UN tidak mencontek namun harus percaya diri dalam menjawab soal-soal ujian yang ada.

Untuk SMP 1 Pasaman UN diikuti sekitar 349 siswa dengan 18 kelas. Pada hari pertama UN siswa mengikuti ujian Bahasa Indonesia.

Ketua pelaksana UN SMP 1 Pasaman, Maiyus Defni menerangkan pihaknya telah mematangkan persiapkan jauh hari menyambut UN.

Salah satunya adalah dengan persiapan latihan membahas berbagai macam soal-soal ujian sehingga siswa terbiasa mengerjakab soal dengan cepat dan tepat.

"Selain itu juga belajar kelompok, mengikuti les atau bimbingan belajar, sampai menambah jam belajar di sekolah," sebutnya. (*)