1.468 Siswa SLTP di Mentawai Ikuti UN

id UN SMP, mentawai, Peserta

Mentawai, (AntaraSumbar) - Sebanyak 1.468 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat di Kabupaten Kepulauan Mentawai mengikuti Ujian Nasional (UN) pada Senin.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai Sermon Sakerebau di Tuapejat, Senin, mengatakan jumlah tersebut merupakan total siswa dari seluruh sekolah yang mengikuti UN tingkat SMP.

"Jumlah itu terdiri dari 24 sekolah setingkat SMP," katanya.

Dari 24 sekolah tersebut, 17 diantaranya adalah sekolah negeri, empat sekolah swasta dan tiga dari Madrasah Tsanawiyah yang terdapat di 10 kecamatan di daerah tersebut.

Sermon menyebutkan, hari pertama pelaksanaan UN di Mentawai, semuanya berjalan lancar dan sejauh ini belum ada laporan dari pihak sekolah terkait kendala ataupun distribusi soal UN.

"Sejauh ini kami belum menerima laporan adanya kendala dalam UN, namun kami akan tetap memantau semua proses UN hingga dua hari kedepan," katanya.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Mentawai, Qamaisir menambahkan meskipun kondisi geografis Kabupaten Mentawai daerah kepulauan, namun dipastikan distribusi soal UN sudah sampai di sekolah yang menjadi pelaksana UN.

"Untuk distribusi UN kami pastikan semuanya sudah sampai dan dipusatkan di 10 kecamatan di Mentawai," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari 1.468 siswa yang mengikuti UN tersebut, 21 siswa harus bergabung dengan sekolah lain yang berhak menyelenggarakan UN.

"21 siswa tersebut harus mengikuti UN di sekolah lain, karena sekolahnya tidak berhak menyelenggarakan UN," katanya. (*)