Jasad Jinis Ditemukan di Perairan Pulau Kerabak Gadang

id Korban Tenggelam, Pesisir Selatan, Sumbar

Jasad Jinis Ditemukan di Perairan Pulau Kerabak Gadang

Ilustrasi korban tenggelam. (ANTARA FOTO)

Painan, (AntaraSumbar) - Nelayan menemukan jasad Jinis (72) warga Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan, yang hilang di Muara Sungai Anakan, Batangkapas pada Minggu (1/5) mengapung di sekitar Perairan Laut Pulau Kerabak Gadang kabupaten setempat, pada Selasa.

"Nelayan menemukan jasad itu sekitar dua mil dari bibir pantai. Kini jasadnya sudah tiba di rumah duka di Batangkapas setelah dievakuasi tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dari lokasi ditemukan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pesisir Selatan, Suib Tanjung di Painan, Selasa.

Penemuan jasad itu sekitar pukul 11.00 WIB dalam kondisi mengapung. Setelah menemukan, nelayan langsung menginformasikan kepada BPBD kabupaten setempat yang sedang melakukan pencarian di sekitar lokasi pertama hilang yakni di sekitar Muara Anakan Batangkapas dan sepanjang Pantai Batangkapas.

Mendapat laporan, BPBD langsung mengerahkan Tim Search And Rescue (SAR) ke lokasi penemuan jasad Jinis dan mengevakuasi ke daratan.

Sampai di daratan sekitar pukul 15.00 jasad korban (Jinis) langsung di bawa ke rumah duka di Kampung Sapan Koto Nan Duo, Batangkapas untuk di shalatkan dan di kebumikan pada hari itu juga.

Hingga ditemukan oleh nelayan, pemkab setempat terus melakukan pencarian dengan menyisir bibir pantai di Batangkapas dari tempat awal hilang sejak kejadian pada Minggu (1/5).

"Sejak awal, pencarian oleh Tim SAR terus dipantau Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar. Bahkan pada Senin beliau (wakil bupati) langsung turun ke lokasi awal hilang di Muara Anakan Batangkapas, " tambahnya.

Anak korban, Ujang (47) mengatakan menolak untuk melakukan visum et revertum terhadap Jinis oleh pihak medis setempat. Ia yakin jasad orang tuanya (Jinis) ditemukan terapung oleh nelayan di sekitar perairan laut Pulau Kerabak Gadang akibat tenggelam saat menyeberang di Muara Anakan Batangkapas, pada Minggu.

Menurutnya, sebelum hilang, Jinis memancing ikan di Muara Sungai Anakan. Namun pada Minggu itu Jinis tidak seperti biasanya, karena hingga pukul 18.00 WIB ia belum juga pulang ke rumah anaknya di Kampung Sapan.

Khawatir terjadi apa-apa terhadap bapaknya sehingga ia (Ujang) langsung menyusul ke tempat Jinis memancing di Muara Anakan. Ternyata benar, Jinis tidak ditemukan sekitar lokasi.

Hal tersebut langsung diberitahukan kepada keluarga lainnya dan masyarakat sekitar. Tim SAR serta personil Polsek Batangkapas dan Komando Rayon Militer (Koramil) turut melakukan pencarian bersama warga setelah mendapat laporan dari warga setempat malam itu.

Karena belum ditemukan sehingga pencarian berlanjut pada Senin (2/5) hingga Selasa di sekitar tempat kejadian peristiwa. Namun jasad korban di temukan mengapung oleh nelayan di sekitar Pulau Kerabak Gadang pada Selasa. (*)