Bupati Dharmasraya Minta Camat Persiapkan Pilwana Serentak

id Bupati Dharmasraya

Pulau Punjung, (Antara) - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska meminta para camat di daerah itu membantu Badan Musyawarah (Bamus) di setiap nagari (desa adat) untuk mempersiapkan pelaksanaan pemilihan wali nagari (Pilwana) serentak pada Oktober 2016.

"Para camat bisa memberi pendampingan bagi anggota Bamus dalam pembentukan panitia pemilihan, tahapan, hingga sosialisasi kepada masyarakat. Supaya persiapan pilwana ini benar-benar matang," kata Sutan Riska di Pulau Punjung, Selasa

Bupati mengharapkan aparatur kecamatan juga bersiap untuk menjadi penjabat wali nagari di wilayah kecamatan masing masing, apabila nanti ditunjuk.

Sebab jarak antara berakhirnya masa jabatan wali nagari (kepala desa adat) dan jadwal pemilihan akan ada masa kekosongan kepemimpinan.

"Oleh sebab itu dalam kekosongan tersebut jabatan wali nagari akan diisi pejabat kecamatan yang nanti saya akan tunjuk," jelas bupati.

Bupati menyarankan dalam penetapan daftar pemilih tetap (DPT) panitia supaya berpedoman kepada KTP Elektronik yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Maka dari itu, ia meminta agar instansi terkait harus proaktif memberikan layanan KTP Elektronik kepada masyarakat yang belum memiliki KTP.

"Kapan perlu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pakai sistem jemput bola ke masyarakat, agar tidak ada simpang siur mengenai data pemilihan nantinya," ujar dia.

Ia menambahkan, Bamus memiliki peran untuk menyeleksi bakal calon dengan selektif mungkin agar menghasilkan wali nagari yang amanah.

Pilwana serentak yang diikuti lebih dari satengah nagari yang ada di daerah itu, lanjutnya, diharapkan tidak terjadi konflik di tengah masyarakat saat pesta demokrasi itu berlangsung.

"Kita mengharapkan agar anggota Bamus mampu bekerja berdampingan dengan pemerintah nagari dan kecamatan dalam memajukan nagarinya," katanya. (*)