Jalur Pendakian Kerinci Ekspektasi Baru Solok Selatan

id Gunung Kerinci, Solok Selatan, Pendakian

Jalur Pendakian Kerinci Ekspektasi Baru Solok Selatan

Gunung Kerinci mengeluarkan asap, Senin (12/4). (ANTARASUMBAR/Joko Nugroho)

Padang Aro, (AntaraSumbar) - Jalur pendakian ke gunung Kerinci dari Solok Selatan merupakan ekspaktasi baru bagi perkembangan dan kemajuan pariwisata di daerah itu, kata Wakil Bupati setempat, Abdul Rahman.

"Program perioritas kami kedepan adalah pariwisata dan jalur pendakian ke Gunung Kerinci akan menjadi harapan baru kemajuan pariwisata ke depannya," katanya di Padang Aro, Senin.

Menurut dia Solok Selatan memiliki potensi wisata yang bagus dan beragam mulai dari wisata alam hingga budaya.

Selain itu, ujarnya potensi wisata yang ada di Solok Selatan juga berbeda dengan daerah lain dan dengan adanya jalur pendakian Gunung Kerinci dari kabupaten itu akan menjadi daya tarik tersendiri.

"Dengan potensi yang ada kedepan kami akan menggiatkan promosinya serta meningkatkan infrastruktur sehingga wisatawan bisa nyaman di Solok Selatan," tambahnya.

Sementara itu Penggiat wisata Sumbar, Yulnofrins Napilus mengatakan, untuk mampu bersaing dengan daerah lain sebagai kawasan wisata Solok Selatan harus memiliki sesuatu yang istimewa serta tidak dimiliki daerah lain karena kabupaten itu jauh dari ibukota provinsi.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Solok Selatan, sebutnya tidak mungkin hanya satu hari karena jarak tempuhnya dari Padang cukup jauh oleh sebab itu perlu destinasi wisata yang bisa mengundang wisatawan untuk datang dan itu tidak bisa hanya satu objek saja.

"Jalur pendakian Gunung Kerinci dari Solok Selatan bisa menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan selain Seribu Rumah Gadang dan Tangsi Ampek yang luar biasa," lanjutnya.

Menurut dia, dengan adanya jalur pendakian Gunung Kerinci dari Solok Selatan juga akan membantu program pemerintah mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara.

Untuk pendakian Gunung Kerinci lewat Solok Selatan sudah dilakukan pembukaan awal oleh pecinta alam setempat dan rencananya menjelang ulang tahun kemerdekaan RI akan dilaksanakan pendakian perdana.

Salah seorang kelompok pecinta alam yang turut serta membuka jalur, Aig Wadenko menyebutkan para pendaki yang tidak sanggup ke puncak Kerinci bisa mengambil alternatif Danau Bontak yang lebih dekat.

Sedangkan kelebihan jalur dari Solok Selatan, katanya yaitu lebih landai serta sumber airnya cukup banyak sehingga lebih memudahkan pendaki.

"Waktu tempuh pendakian dari Solok Selatan juga lebih cepat yaitu sekitar delapan jam sedangkan ke danau bontak tiga jam," tambahnya. (*)