Pemkot Pariaman Resmikan Jalan Bagindo Dahlan Abdullah

id Pemkot Pariaman Resmikan Jalan Bagindo Dahlan Abdullah

Pariaman, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot), Pariaman, Sumatera Barat, meresmikan Jalan Bagindo Dahlan Abdullah sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan kepada mantan Duta Besar di era Presiden Soekarno yang sekaligus putra asli daerah.

Wakil Wali Kota (Wawako) setempat, Genius Umar di Pariaman, Sabtu, mengatakan pemberian nama jalan tersebut tidak terlepas dari salah satu bentuk upaya pemerintah dalam mengusulkan sosok Bagindo Dahlan Abdullah sebagai pahlawan nasional.

"Ada berbagai macam persyaratan yang harus dipenuhi oleh daerah agar gelar kepahlawanan bisa melekat kepada Bagindo Dahlan Abdullah salah satunya pemberian nama jalan di Kota Pariaman," ujar dia.

Ia meneruskan selain pemberian nama jalan, sebelumnya pemerintah setempat juga telah melakukan serangkaian kegiatan sosial dan pendidikan untuk menunjang secara cepat proses penetapan gelar kepahlawanan.

Diantaranya pemerintah setempat telah mengadakan seminar kepahlawanan Bagindo Dahlan Abdullah di Pariaman, lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) se Kota Pariaman, lomba mewarnai tingkat Paud se Pariaman, kegiatan jalan santai dan termasuk pelepasan 1.000 anak tukik ke laut bebas.

Pemerintah bersama DPRD setempat juga memiliki komitmen yang besar dalam mengusulkan nama Bagindo Dahlan Abdullah sebagai salah satu pahlawan nasional.

"Proses pengajuanya telah kami sampaikan kepada Dinas Sosial Provinsi Sumbar untuk diteruskan ke Kementerian Sosial untuk ditindak lanjuti oleh Presiden," ujarnya.

Pemkot Pariaman juga bertekad menjadikan hari kelahiran Bagindo Dahlan Abdullah yang jatuh pada 15 Juli sebagai pekan Abdullah yang nantinya dimasukan sebagai salah satu kalender pariwisata.

Ia menilai dengan adanya pekan Dahlan Abdullah tersebut dapat menggali sejarah, budaya, rasa bela negara dan nilai sosial yang lebih baik untuk membangun Indonesia khususnya Pariaman.

"Banyak sekali nilai yang dapat kita pelajari, terutama para generasi muda karena tidak semua anak bangsa mengetahui sejarah bangsanya sendiri," katanya.

Sementara itu Malik Abdullah salah seorang anak kandung almarhum Bagindo Dahlan Abdullah menjelaskan sangat berterima kasih kepada pemerintah sekaligus masyarakat Pariaman terhadap apresiasi yang diberikan kepada keluarga besarnya.

Keluarga besarnya sendiri sepakat untuk mengadakan kegiatan pekan Abdullah setiap tahunnya. Selain itu pihak keluarganya juga telah mendirikan sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial.

"Setiap tahunnya kami juga memberikan rasa kepedulian bagi masyarakat Pariaman dalam bentuk aksi sosial seperti beasiswa, pemberian latihan kursus bahasa Inggris, pemberian paket sekolah seperti baju dan alat-alat tulis bagi pelajar," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sumbar, Abdul Gafar menyebutkan upaya dan langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Pariaman dalam mengusulkan Bagindo Dahlan Abdullah sebagai sosok pahlawan nasional dinilai cukup memiliki dasar yang kuat.

"Kami semua juga berpikiran seperti itu bahwa sosok Bagindo Dahlan Abdullah memiliki peran yang besar bagaimana bangsa ini terbebas dari tangan penjajahan," sebutnya.

Selain diplomatis, Bagindo Dahlan Abdullah juga merupakan sosok aktivis yang kritis ketika menjadi mahasiswa di Universitas Leiden, Belanda. Selama di Eropa tak jarang almarhum melontarkan aksi protes dan demo kepada pemerintahan Belanda yang pada waktu itu menjajah Bangsa Indonesia.

Sifat kritis tersebut tidak hanya ia lontarkan kepada negara penjajah, beliau juga pernah mengkritik secara langsung Pemerintah Saudi Arabia yang terlihat memandang rendah para Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di sana.

Berlanjut ke tanah air, sosok Dahlan Abdullah kembali aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang pada akhirnya sempat dikurung dalam penjara selama enam bulan oleh pemerintahan kolonial Belanda.

Ia menilai salah satu upaya untuk pengusulan gelar kepahlawanan tersebut telah dipenuhi oleh pemerintah setempat dengan mengadakan seminar kepahlawan sosok Bagindo Dahlan Abdullah.

Pemerintah Provinsi sendiri akan menindak lanjuti secara cepat terkait pengusulan yang diajukan oleh pemerintah daerah agar dapat diproses ditingkat kementerian.