Rabu, 20 September 2017 - 29 Zulhijjah 1438 H

Ibu Negara Minta Isteri Kepala Daerah Aktif

Jakarta, (AntaraSumbar) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo meminta para isteri kepala daerah dan wakil kepala daerah aktif untuk mendukung kinerja para suami dalam memimpin wilayahnya.

"Sebagai Ketua PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) harus sangat aktif. Kalau tidak aktif, kasihan masyarakat masyarat yang memilih," kata Ibu Negara saat bersilaturahim dengan para isteri kepala daerah dan wakil kepala daerah di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jln. Merdeka Utara, Jakarta, Jumat.

Iriana meminta agar para isteri kepala daerah tidak hanya aktif saat saat pemilihan kepala daerah, tapi juga saat suaminya menjabat kepala daerah.

"Tapi kalau yang di sini, pasti semangat sekali," kata Ibu Negara di hadapan ratusan isteri kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dilantik berdasarkan Pilkada serentak 2015.

Dia mengakui sebagian isteri kepala daerah dan wakil kepala daerah adalah wajah-wajah baru, karena baru sekali suaminya terpilih jadi kepala daerah, namun tetap aktif sebagai Ketua PKK.

"Saya lihat ada nuansa baru, tapi lama karena ada yang dua kali periodenya, tapi ada yang baru pertama. Yang baru, saya berharap bisa mendampingi suami-suami sesuai aturan yang ditentukan," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Ibu Negara juga bercerita sering mengunjungi daerah bersama suaminya saat 10 tahun menjabat sebagai Ketua PKK.

"Pak Jokowi sering 'blusukan', sehingga dengan 'blusukan' saya tahu keadaan wilayah," ucapnya, menegaskan.

Dia berharap selama lima tahun para isteri kepala daerah bisa mengunjungi seluruh wilayahnya agar mengetahui keluhan masyarakat apalagi banyak potensi yang ada di daerah. Ibu-ibu harus menguasai kegiatan PKK.

Ibu Negara juga mengapreasi para isteri kepala daerah dan wakil kepala daerah yang datang ke acara tersebut menggunakan baju daerah, sebab hal itu menjadi dukungan akan kelangsungan kerajinan daerah.

"Dulu ibu pejabat jarang pakai baju daerah. Alhamdulillah sekarang
pakai baju daerah dengan corak dan warna beragam," ujarnya.

Kepada para Ketua PKK yang merupakan isteri kepala daerah, Ibu Negara meminta agar kegiatan PKK dapat bersinergi dengan "Oase KK". Oase KK adalah singkatan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja.

Oase KK merupakan wadah para isteri menteri Kabinet Indonesia Bersatu yang diketuai oleh Ny. Erni Tjahjo Kumolo, isteri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Para isteri kepala daerah dan wakil kepala daerah diundang bersilaturahim oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo karena pada hari yang sama Presiden memberikan pembekalan kepada semua kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2015. Pembekalan itu berlangsung di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Acara silaturahim Ibu Negara dengan para isteri kepala daerah juga diikuti dengan pelantikan tujuh ketua Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) oleh Mufida Jusuf Kalla. Ketua Dekranasda dijabat oleh para isteri gubernur. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga