Menpar Ajak Publik Kunjungi Festival Pesona Mentawai

id pesonamentawai

Jakarta, 27/3 (Antara) - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak publik mengunjungi Festival Pesona Mentawai pada 19 hingga 24 April 2016 guna menikmati keindahan bahari pulau eksotik yang berbatasan langsung dengan Samudera Atlantik di barat Sumatera Barat itu.

"Jangan lewatkan. Acaranya seru, kulinernya apalagi. Dijamin tidak rugi berwisata bahari di Mentawai," kata Arief Yahya di Jakarta, Minggu.

Mentawai dikenal dunia sebagai wilayah yang terbaik untuk berselancar dan setiap tahun banyak kompetisi selancar internasional di tempat itu.

Ada dua titik ombak Lances Right dan Macaronies di Mentawai yang tercatat sebagai 10 terbaik di dunia bagi penggila selancar.

Pantai Mentawai punya gulungan ombak yang indah. Ada 73 titik lokasi selancar dengan 49 titik yang masuk kategori eksklusif, 33 tempat menyelam, dan 38 lokasi pemancingan favorit.

"Silakan mencari sensasi dan pesona Indonesia di Mentawai," kata Arief Yahya.

Berbagai atraksi hiburan tengah disiapkan di pulau berpasir putih yang ditempuh 2-3 jam dari Sumatera Barat itu.

Festival Pesona Mentawai 2016 merupakan perhelatan perayaan destinasi Kepulauan Mentawai yang dapat dinikmati lebih menyeluruh.

"Sebuah upaya kami menyampaikan khasanah keindahan Mentawai bagi pariwisata nasional dan internasional," ujar Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Raseno Arya.

Festival itu akan menghadirkan atraksi selancar profesional, prosesi unik pernikahan adat, permainan khas masyarakat Mentawai, karnaval budaya, lomba lagu dan tari tradisional, tarian spiritual adat, prosesi rajah tato, pelestarian koral dan bakau, dan kuliner tradisional.

Perhelatan tersebut dipusatkan di Tuapeijat dan di pantai Mapaddegat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Festival Pesona Mentawai itu merupakan peristiwa yang pertama kali dilangsungkan di Mentawai. *