Ketua PKBM Solok Diundang Jadi Pembicara Bimtek Kemendikbud

id Ketua PKBM Solok

Arosuka, (Antara) - Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Pendidikan Bukit Putus (YPBP) Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Syafrizal Ben diundang menjadi pembicara dalam kegiatan Bimbingan Teknis Kelembagaan PKBM yang diadakan Kemendikbud RI di Kota Padang.

"Saya diundang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai narasumber untuk persiapan akreditasi PKBM se-Indonesia yang diadakan pada 28-31 Maret 2016 di hotel Pangeran Beach Padang," kata dia di Arosuka, Kamis.

Ia menyebutkan dalam kegiatan itu akan memberikan materi 'Best Practices Lembaga Terakreditasi' pada acara yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kemendikbud.

Sesuai agenda acara ia akan memaparkan presentasi pada Senin (28/3) sesi ke tiga setelah istirahat makan siang.

Ia mengungkapkan dalam kegiatan nanti akan lebih banyak berbicara mengenai pengalaman dalam mengelola PKBM dan akan berbagi pengalaman tentang tata kelola dunia pendidikan di PKBM sehingga meraih keberhasilan.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi sumbangsih kami untuk kemajuan dunia pendidikan," harapnya.

Kegiatan bimbingan teknis untuk persiapan akreditasi PKBM itu akan diikuti oleh 90 PKBM kabupaten dan kota dari 12 provinsi di Indonesia.

Ia menjelaskan, PKBM YPBP Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok yang dipimpinnya, berdiri sejak 2002 dan sudah meluluskan ribuan orang peserta didik kesetaraan paket A,B dan C setara dengan SD, SMP dan SMA.

PKBM yang dikelola Syafrizal Ben yang juga Ketua Forum Komunikasi PKBM Sumatera Barat ini juga sudah meluluskan lebih 500 orang peserta didik program Kecakapan Kehidupan dan lainnya.

Lembaga ini juga sudah terakreditasi di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok.

"PKBM YPBP Kabupaten Solok satu-satunya yang sudah terakreditasi di Sumatera Barat, dan sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia," katanya.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok, Zulfadli sangat mengandalkan PKBM YPBP karena sangat aktif di bidang pendidikan sejak 2002.

"Pengelolaan PKBM yang baik itu terbukti telah berperan dalam memajukan dunia pendidikan di wilayah setempat," katanya. (*)