Presiden Kunjungi Jalan Tol Pertama di Kalimantan

id Jalan Tol, Kalimatan

Ilustrasi jalan tol. (Antara)

Balikpapan, (AntaraSumbar) - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan melihat langsung proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di Desa Karangjoang, Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Balikpapan, Kamis dijadwalkan melihat langsung proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang merupakan tol pertama di Kalimantan itu.

Presiden akan memantau langsung proyek itu di titik yang terletak di Desa Karangjoang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, dengan menggunakan mobil.

Presiden akan mendengarkan penjelasan singkat dari Gubernur Kalimantan Timur sekaligus meninjau maket dan panel.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan panjang jalan 99,2 km merupakan ruas tol pertama di Kalimantan dan diharapkan tuntas Mei 2019.

Keberadaan tol senilai Rp14,9 triliun itu diperkirakan akan memangkas waktu Balikpapan-Samarinda yang semula 2,5 hingga tiga jam dapat menjadi sekitar satu jam.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terbagi dalam lima seksi pekerjaan, yakni Seksi I dengan ruas Km 13 Balikpapan-Samboja, Seksi II dengan ruas Samboja-Palaran I, Seksi III dengan ruas Samboja-Palaran II, Seksi IV dengan ruas Palaran-Jembatan Mahkota dan Seksi V dengan ruas Balikpapan-Sepinggan.

Usai berkunjung ke proyek pembangunan jalan tol, Presiden akan menyerahkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia (ASLUT), Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di halaman Kantor Penyelenggara Ibadah Haji Balikpapan.

Dari penyerahan bantuan sosial, Presiden dan Ibu Iriana akan melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Teritip, Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan TImur, Kota Balikpapan.

Bendungan ini berdaya tampung 2,4 juta meter kubik dengan output 260 liter per detik.

Kunjungan ke Bendungan Teritip oleh Presiden juga mengakhiri rangkaian kunjungan kerja Presiden di Kalimantan.

Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo akan kembali ke Jakarta pada sore hari dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar