Bamus Nagari Diminta Persiapkan Pilwana Serentak 2016

id Bamus Nagari

Pulau Punjung, (Antara) - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska meminta Badan Musyawarah (Bamus) di setiap nagari (desa adat) di daerah itu segera mempersiapkan pelaksanaan pemilihan wali nagari (Pilwana) serentak pada Oktober 2016.

"Bamus segera membentuk panitia pemilihan wali nagari, mengingat waktu pelaksanaan sudah tidak lama lagi," katanya usai melantik 29 anggota Bamus lima nagari di Kecamatan Timpeh, Rabu.

Dia mengatakan, Bamus memiliki peran untuk menyeleksi bakal calon dengan selektif mungkin agar menghasilkan wali nagari yang amanah.

Pilwana serentak yang diikuti lebih dari satengah nagari yang ada di daerah itu, lanjutnya, diharapkan tidak terjadi konflik di tengah masyarakat saat pesta demokrasi itu berlangsung.

"Kita mengharapkan agar anggota Bamus yang telah dilantik mampu bekerja berdampingan dengan pemerintah nagari dalam memajukan nagarinya," katanya.

Dia menyebutkan, Bamus berperan penting dalam merumuskan kebijakan pembangunan nagari dan dalam merumuskan kebijakan anggaran.

Bamus juga merupakan unsur lembaga demokrasi di tingkat desa atau diibaratkan sebagai DPRD-nya nagari, yang memiliki tugas membantu pemerintahan untuk mengawasi serta membuat peraturan nagari, lanjutnya.

"Oleh karena itu anggota Bamus harus mengetahui dan memahami tugas pokok dan fungsinya," katanya.

Bamus, kata dia, adalah lembaga desa yang bekerja pada jalur yang tidak melebihi ketentuan yang telah diatur dalam perundang-undangan.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Kecamatan Timpeh, Hasan Basri, mengatakan, anggota Bamus diharapkan mampu menjalankan amanat yang diberikan masyarakat dengan baik.

Sebab, menurut dia, lima anggota Bamus yang ada di setiap nagari secara komulatif merupakan unsur terdepan yang ada di nagari untuk mewakili aspirasi masyarakat.

"Misalnya tokoh agama, tokoh adat dan perwakilan pemuda. Kesemua itu pada prisinsipnya adalah kesejukan bagi masyarakat," tambah dia. (*)