Padang Panjang Sudah Terima Rastra 70 Ton

id Rastra, Padang Panjang, Rastra 70 Ton

Padang Panjang Sudah Terima Rastra 70 Ton

Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

Padang Panjang, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang Panjang sudah menerima beras untuk keluarga sejahtera (Rastra) dari Badan Urusan Logistik (Bulog) Kota Bukittinggi sebanyak 70,7 ton.

"Kami sudah menerima Rastra sebanyak 70,770 kilogram dari Bulog selama 2016," kata Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Padang Panjang, Indra Gusnadi di Padang Panjang, Selasa (15/3).

Ia menambahkan sebanyak 70,7 ton itu disalurkan kepada 2.359 kepala keluarga (KK) yang ada di Padang Panjang untuk dua bulan selama 2016.

"Masyarakat yang berhak menerima sudah menerima rastra tersebut untuk Januari 2016 35.385 kilogram dan Februari 2016 35.385 kilogram," ujarnya.

Dalam penyaluran Rastra itu, pihak Pemkot Padang Panjang hanya menunggu di Kecamatan dan setelah itu baru didistribusikan ke tingkat kelurahan sebelum sampai di tangan masyarakat penerima.

"Pembagian Rastra itu langsung kelurahan, sehingga masyarakat tidak jauh harus mendatangi kantor Kecamatan," katanya.

Ia menyebutkan, Rastra yang dahulunya Beras Miskin (Raskin) itu diberikan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah sesuai dengan keputusan Gubernur Sumbar nomor 500-15-2016 tentang pembagian beras masyarakat yang berpendapatan rendah.

Untuk jatah masing-masing kelurarga penerima kata dia, seberat 15 kilogram setiap bulannya dengan harga setelah disubsidi sebesar Rp1.600 perkilogram.

"Rastra yang diberikan kepada masyarakat miskin tersebut sudah disubsidi sebesar Rp5.000 perkilogram, sehingga masyarakat bisa menebusnya dengan harga Rp1.600 perkilogram jika sebelumnya Rp6.600 perkilogram," sebutnya.

Masyarakat penerima Rastra, Rosmita mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang sudah memperhatikan masyarakat berpenghasilan rendah yang ada di Padang Panjang.

"Mudah-mudahan Rastra yang diberikan pemerintah ini bisa berkelanjutan dengan harapan bisa keluar dari keterpurukan ekonomi," kata dia. (*)