Masyarakat Sunda Dukung Pemerintahan Baru Sumbar

id Masyarakat Sunda, Dukung Pemerintah IP-NA

Padang, (AntaraSumbar) - Masyarakat Sunda yang tinggal di Sumatera Barat (Sumbar), menyatakan sepenuhnya mendukung pemerintahan baru provinsi tersebut di bawah pimpinan Gubernur Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul Abit.

"Kami mendukung pimpinan baru bisa menjadikan Sumbar lebih maju dari sebelumnya," Kata Ketua Paguyuban Warga Sunda Sumbar, Aji Rukmana di Padang, Senin.

Menurut dia salah satu sektor yang perlu mendapat perhatian dan dukungan pemprov yakni dalam bidang kebudayaan dan pariwisata.

Saat ini, tambahnya, Di Sumbar tumbuh beragam komunitas budaya nasional seperti Sunda, Jawa, Bugis, Batak, Melayu dan Tionghoa.

Masing-masing budaya tersebut tentunya memiliki perkumpulan yang cukup aktif bergerak dalam bidang seni dan sosial, sudah seharusnya pemprov menggali dan mengayomi ragam budaya tersebut.

Selain itu dalam hal perlindungan terhadap warga, pemprov juga harus bisa menjaga agar tidak terjadinya konflik yang berbau Sukuisme Agama Ras dan Antar golongan (SARA).

"Dengan memberikan keamanan dan kelayakan bagi warga non Minang tersebut berimplikasi munculnya keuntungan bagi Sumbar seperti investasi pembangunan," katanya.

Selain mengayomi budaya, pemprov juga bisa mengembangkan ragam budaya tersebut sebagai kegiatan pariwisata, seperti Tari Sisingaan yang saat ini sedang dikembangkan PWS, ujarnya.

Masyarakat Sunda lain yang merupakan sesepuh PWS, Ade Djulardi mendukung pemprov dalam pengembangan pendidikan di Sumbar.

Menurutnya latar belakang gubernur yang merupakan pendidik sudah sebaiknya kebijakannya dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sumbar.

Sebab, katanya, saat ini pendidikan dasar dan menengah masih kalah bersaing dari provinsi lain, meski kadang ada sekolah yang berprestasi.

Sementara ketua pendukung Persib di Sumbar Viking Bumi Andalas, Ridwan Gunawan berharap agar pemprov memajukan olahraga di Sumbar.

Selain sepak bola, olahraga cabang lain di Sumbar tidak terlalu menunjukkan prestasi, ujarnya.

Di sisi lain Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengapresiasi adanya dukungan dari warga yang bukan asli Minang tersebut.

Pihaknya berjanji akan memberikan keadilan bagi seluruh warga Sumbar termasuk yang bukan Suku Minang.

Terkait memajukan kebudayaan, dia mendukung penuh perkembangan ragam budaya tersebut. (*)