Padang Panjang Gelar Pemilihan Uda-Uni

id Padang Panjang, Pemilihan, Uda-Uni

Padang Panjang, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwsata (Porbudpar) setempat kembali menggelar ajang pemilihan Uda-Uni duta wisata setempat tahun ini.

Kepala Dinas Porbudpar Padang Panjang Sri Syahwitri di Padang Panjang, Jumat menyebutkan, pemilihan Uda-Uni sebagai duta wisata itu untuk memajukan dunia pariwisata di daerah itu ke depannya.

"Uda-Uni ini nantinya akan mempromosikan pariwisata Padang Panjang di berbagai event, baik itu lokal, maupun nasional," kata dia.

Pemilihan Uda-Uni tersebut, katanya, juga merupakan salah satu langkah melestarikan budaya Minangkabau, karena pesertanya harus menguasai seluk belum budaya Minangkabau.

"Selain itu juga dinilai kecerdasan di berbagai bidang serta berpenampilan menarik, karena yang terpilih akan selalu tambil di berbagai kegiatan dunia pariwisata," ujarnya.

Bagi yang berminat untuk mengikuti ajang pemilihan Uda-Uni Padang Panjang itu jelasnya, bisa melihat pengumuman dan mendaftar melalui website pariwisata.padangpanjang.go.id atau langsung datang ke Dinas Porbudpar yang beralamat di Komplek Pusat Dokumentasi Informasi kebudayaan Minangkabau (PDIKM) Silaing Bawah.

Persyaratan yang harus dilengkapi calon peserta. katanya, di antaranya warga negara Indonesia, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), berpenampilan menarik, usia minimal 17 tahun dan maksimal 25 tahun, lulusan SLTA sederajat, belum menikah dan membayar uang pendaftaran Rp100 ribu.

Waktu pendaftaran, 15 Februari 2016 hingga 18 Maret 2016. Audisi akan dilaksanakan pada 19 Maret. Masa karantina dari tanggal 29 Maret hingga 2 April.

Hadiah bagi Uda-Uni yang terpilih sebagai duta wisata Padang Panjang nantinya akan berhak mengikuti pemilihan serupa di tingkat provinsi dan juga tabanas serta trophy dari panitia.

Seorang warga Padang Panjang Rusdi menyambut baik pemilihan Uda-Uni sebagai duta wisata yang dilaksanakan daerah itu.

"Ini merupakan kesempatan besar bagi anak Padang Panjang yang memiliki kriteria untuk memajukan dunia pariwisata ke wilayah yang lebih luas lagi," katanya. (*)