PAD KPPT Tanah Datar 2015 Lebihi Target

id PAD KPPT

Batusangkar, (Antara) - Pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, tahun anggaran 2015 melebihi target.

Target PAD kita pada APBD 2015 sebesar Rp705 juta, sementara realisasinya sebesar Rp1,4 miliar, sekitar 200 persen meningkat, kata Kepala KPPT Tanah Datar, Armen di Batusangkar, Rabu.

Ia mengatakan pendapatan ini sangat menggembirakan berkat tingginya kesadaran masyarakat dalam pengurusan izin, serta hasil usaha dalam melaksanakan program kerja dan kegiatan selama ini.

"Kebanggaan dan ungkapan terima kasih kita sampaikan kepada masyarakat yang telah melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara dalam mengurus izin usaha dan mendirikan bangunan," katanya.

Ia menyebut pencapaian target pendapatan daerah yang cukup signifikan ini patut disyukuri.

"Sebagai sebuah kantor kinerja ini patut dipujikan dan diapresiasi, dimana tidak terbayangkan sebelummya akan perolehan hasil pendapatan ini," kata mantan Kepala Satpol PP Tanah Datar ini.

Dari perolehan PAD ini merupakan pendapatan berasal dari IMB yang cukup besar, yakni sebanyak Rp1,095 miliar dan izim HO senilai Rp300 juta.

Menurutnya, dari usaha dan kegiatan dalam bentuk sosialisasi dan promosi tentang perizinan ini mampu diserap masyarakat.

"Masyarakat yang mendirikan bangunan penggilingan padi memerlukan izin usaha HO setiap lima tahun dan IMB sekali urus, kecuali bila tak terpakai beberapa tahun akan dicabut dan diulang kembali," katanya.

Ia optimis bahwa pada 2016 ditargetkan pendapatan sebesar Rp750 juta dapat tercapai bahkan bisa melebihi, sebagaimana tahun lalu.

"Saat ini kami berupaya pelayanan terpadu satu pintu bisa dilaksanakan, dimana semua SKPD terkait perizinan menempatkan stafnya pada KPPT, perizinan sebanyak 45 bentuk bisa sekali urus. Bila ini terlaksana, tentu menyenangkan masyarakat," katanya. (*)