Dinkes Sosialisasikan PIN Kepada Kader Posyandu

id Dinkes

Padang Panjang, (Antara) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, melalui Dinas Kesehatan setempat menyosialisasikan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) kepada kader Posyandu yang ada di daerah itu.

"Sosialisasi ini akan menambah pengetahuan kader posyandu dalam melaksanakan PIN 8 hingga 15 Maret 2016," kata Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Padang Panjang Fita Gusta di Padang Panjang, Rabu.

Menurut dia, sebagai yang akan bersentuhan langsung dengan masyarakat, seorang kader harus mengetahui tentang PIN dan pelaksanaannya natinya.

"Jika nantinya masyarakat bertanya tentang PIN, maka kader posyandu sudah bisa menjelaskannya, baik itu caranya dan manfaatnya," kata dia.

Padang Panjang memiliki kader posyandu sebanyak 91 orang, semuany atresebar di 16 kelurahan yang ada di kota itu. Sementara lokasi tempat pelaksanaan PIN itu sendiri nantinya berada di setiap RT.

Ia berharap kader posyandu itu bisa melaksanakan PIN dengan baik dan lancar pada waktu yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Kepada masyarakat Fita juga menghimbau agar bisa mengikuti pelaksanaan PIN itu, sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak. "Anak akan bisa terhindar dari penyakit polio liar yang banyak ditemukan saat ini," ujarnya.

Kader Posyandu Padang Panjang, Nel merasa sosialisasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan itu sangat bermanfaat bagi dirinya.

"Banyak hal yang didapat dari sosialisasi itu, sehingga nantinya kita tidak ragu lagi dalam menyempaikan tentang PIN itu kepada masyarakat," katanya. (*)