Unand Targetkan RSP Beroperasi September 2016

id Unand

Padang, (Antara) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menargetkan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) sudah dapat beroperasi dan menerima pelayanan paling cepat mulai September 2016.

"Saat ini pembangunan telah sembilan puluh enam persen diharapkan akhir bulan ini pengerjaannya telah rampung," kata Rektor Unand, Prof Tafdil Husni di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan bila pembangunan fisik rampung bulan ini, ditargetkan hingga bulan agustus akan dilakukan persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengadaan alat-alat.

Kemudian bertepatan dengan lustrum atau ulang tahun Unand pada 13 September, rumah sakit akan dibuka secara resmi.

Meskipun demikian katanya, rencana ini tergantung kesiapan manajemen rumah sakit yang saat ini kepengurusannya baru dibentuk.

Direktur utama RSP Unand, Fachzi Fitri menambahkan hal yang utama menjadi fokus untuk persiapan pembukaan ini yakni ketersediaan SDM.

Saat ini sebutnya RSP telah memiliki 50 orang tenaga dan jumlah tersebut kemungkinan ditambah melalui penerimaan pegawai RSP gelombang kedua.

Disamping itu RSP juga perlu menyusun struktur organisasi dan kelembagaan yang saat ini belum terbentuk.

Sedangkan terkait anggaran dan pengadaan alat akan disesuaikan setelah selesai persoalan SDM tersebut.

"Sesuai keinginan pimpinan, kami akan menyelesaikan persoalan tersebut sebelum September, " ujarnya.

Sementara itu salah satu mahasiswa Unand, Marifah Nur berharap agar RSP yang dibangun juga dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa mendapat pengalaman dalam bidang kesehatan.

Tentunya tidak hanya mahasiswa jurusan bidang kesehatan saja, jurusan lain pun bisa ikut magang dan praktek di rumah sakit tersebut. (*)