Unand akan Perbaiki Layanan Transportasi Kampus

id Unand

Padang, (Antara) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), akan melakukan perbaikan pada sistem pelayanan transportasi kampus pada tahun ini.

"Perbaikan layanan transportasi tersebut dalam hal bus kampus, bus karyawan, sistem parkir hingga pengaturan angkutan umum," kata Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Unand Eriyanty, di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan sebagai langkah awal dalam memperbaiki pelayanan bus kampus, pimpinan telah bertemu dengan pihak pengelola bus kampus untuk berkoordinasi pada perbaikan unit bus dan penambahan armada.

Terkait bus karyawan kata dia, juga akan dilakukan perbaikan armada rusak dan penambahan unit ke depannya.

Disamping itu khusus bus kampus yang mengangkut mahasiswa juga akan diatur rutenya, mengingat saat ini telah banyak terbuka jalur, tambahnya.

"Perbaikan sistem parkir juga akan dilakukan dengan menempatkan satu palang pintu otomatis di setiap areal parkir," katanya.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pencurian kendaraan yang marak terjadi beberapa waktu terakhir ini.

Kemudian untuk sistem parkir juga akan dilakukan pengaturan dan pendisiplinan kendaraan yang saat ini masih ada tidak beraturan, kata dia.

"Terakhir untuk angkutan umum, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemkot terkait pengaturan rute dan waktu," ujarnya.

Ia mengharapkan pelayanan transportasi di Unand dapat menuju pada arah yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Sementara itu salah satu mahasiswa Unand, Reikawati berharap agar pelayanan dan bus kampus cukup representatif bagi mahasiswa.

Menurutnya saat ini lebih banyak mahasiswa menggunakan kendaraan pribadi dibanding naik bus meski ikut membayar dalam uang sekolah.

Hal ini terjadi katanya, akibat tidak memuaskannya pelayanan ditambah sarana bus yang dirasakan kurang nyaman. (*)